PERINGATI HARI JADINYA TNI AL KE-73 TAHUN 2018 DI DERMAGA PONDOK DAYUNG KOARMADA I, JAKARTA UTARA
Juanda
Diposkan oleh renbang 11 September 2018 pukul 08:48:11AM
Update terakhir 11/09/2018, 09:36:24AM

Reporter : Dams
Editor : Dams
Fotografer : Dams

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan,  S.H. menghadiri acara kegiatan Hari jadinya TNI AL ke-73 di Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta Utara, Senin (10/09/2018). Peringatan Hari jadinya TNI AL ke-73 tahun 2018 ini yang dipimpin Langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNl Siwi Sukma Adji, SE. MM,

Dengan mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut”.
 
Dalam rangkaian kegiatan Upacara HUT Ke-73 TNI AL dilaksanakan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV Tahun dan juga menampilkan demontrasi, upacara parade dan defile yang melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari satu unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta,kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dan Puspomal dan Kowal, 1 SSY Bintara gabungan dari Koarmada I dan Kolinlamil,1 SSY Tamtama Gabungan dari Kolinlamil. Pushidrosal dan Seskoal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan dari Dislambair dan Puspenerbal,1 SSY Gabungan Kopaska dengan Taifib, 1 SSY
gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahan, Siswa Hang Tuah dan SMK Pelayaran Hangtuah.
 
Selanjutnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNl Siwi Sukma Adji, SE. MM, saat beliau di wawancara beliau mengatakan bahwa Sejarah hari jadi TNI Angkatan Laut dimulai pada saat Pemerintah lndonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut) yang diprakarsai oleh mantan anggota Koniklije Marine guru dan murid Sekolah Pelayaran Tinggi, Sekolah Pelayaran Rendah,pegawai dari Jawa Unko Kaisha, Kakgun Heiho dan pemuda pecinta laut lannnya. Pembentukan BKR Laut Inilah yang akhirnya menggetarkan organisasi dan perkumpulan kemaritiman di Tanah Air untuk membentuk BKR Laut di daerah-daerah.
Oleh karena itu, untuk menghormati Jasa para pendahulu BKR Bagian Laut, maka tanggal 10 September 1945 ditetapkan sebagai
hari Iahirnya Angkatan Laut yang selanjutnya diperingati sebagai hari lahir TNI Angkatan Laut.
 
Setelah rangkaian kegiatan Upacara HUT TNI AL dilanjutkan dengan pameran yanh sudah di gelar, terlebih khususnya Puspenerbal antusias menggelar Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) berbagai kegiatan pameran Alutsista ini untuk menyemarakkan dan memeriahkan hari jadinya TNI AL ke-73 tahun 2018.
 
Salah satu kegiatan pameran alusista ini untuk mendekatkan TNI AL dengan masyarakat dan juga pameran ini untuk membangun kecintaan dan kebanggaan rakyat terhadap TNI AL, disamping bertujuan mengenalkan berbagai alusista yang dimiliki TNI AL kepada masyarakat serta untuk membuat masyarakat selalu tertarik serta kelak menjadi anggota TNI AL.
 
Adapun Berbagai peralatan dipamerkan dari Puspenerbal itu di antaranya miniatur-miniatur pesawat Fixwing maupun Rotary Wing diantaranya CN 235-220, King Air, Casa NC-212, Bonanza G36, Baroon G58, Tampico TB9, Tobago TB10, Panther AS565, NBell 412, Bolcow BO105 dan Colobri EC120. Helm Pilot (Bondem) dan perlengkapan. terbang TNI AL.
 
Di stand pameran puspenerbal, setiap pengunjung diperkenalkan dan dijelaskan nama maupun kegunaan dari berbagai jenis Alutsista TNI AL khusus Puspenerbal yang dipamerkan, oleh personel puspenerbal, sehingga masyarakat bangga dan mengetahui Alutsista yang dimiliki jajaran TNI dan masyarakat juga banyak yang datang berfoto dengan latar Alutsista untuk mengabadikan momen itu dengan menggunakan kamera smartphone, serta video. (Dams) 

 

 

 

 


Anda pembaca ke 919 dari 919