PELESTARIAN POHON CENDANA DI TENGAH PANDEMI COVID-19
Kupang
Diposkan oleh renbang 26 Februari 2021 pukul 05:50:19PM
Update terakhir 26/02/2021, 05:50:19PM

Reporter : Pen_Kupang
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Kupang

Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Kupang (Lanudal Kupang) menanam  bibit pohon cendana sebanyak 125 bibit di lahan tidur Lanudal Kupang, penanaman bertujuan melestarikan kembali tanaman tersebut.

Pemanfaatan lahan tidur tersebut sebagai bentuk kepedulian seluruh Personel Lanudal Kupang dalam membantu melestarikan alam di tengah pandemi COVID-19.

Cendana merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) seperti  di Pulau Timor, Sumba, Alor, Pantar, Flores, Roti, dan pulau-pulau lainnya. Data Pemprov NTT tahun 2010 mencatat hanya terdapat 300 ribu pohon cendana dewasa  Padahal, di tahun 2000 masih terdapat sekitar 1 juta pohon cendana di wilayah tersebut.

"Kami berusaha memanfaatkan lokasi-lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk melestarikan alam, kegiatan ini akan terus dilanjutkan hingga tidak ada lahan tidur dan  kelak dapat menjadi bagian edukasi bagi generasi penerus bangsa dengan melestarikan Cendana sebagai tanaman khas NTT " ujar Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Nasrul Azharudin C., S.T., M.Tr.Hanla.



Anda pembaca ke 111 dari 111