ORIENTASI POTENSI MATRA LAUT, PUSPENERBAL TERIMA KUNJUNGAN SISWA
Juanda
Diposkan oleh renbang 22 November 2021 pukul 05:13:29PM
Update terakhir 22/11/2021, 05:13:29PM

Reporter : Penpus
Editor : Penpus
Fotografer : Penpus

Sidoarjo Puspenerbal, (22/11) Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) menerima kunjungan Siswa Dikmapa PK Kesehatan Angkatan XXVIII T.A 2021 di Museum Penerbangan TNI AL, Lanudal Juanda Puspenerbal, Juanda Sidoarjo, Senin (22/11/2021). 


40 Pasis Dikmapa PK TNI AL tersebut sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan di Akmil Magelang Jawa Tengah. Dari 40 Perwira Siswa tersebut dengan rincian 24 orang dokter umum, 3 orang dokter gigi, 2 orang Sarjana Gizi, 7 orang Apoteker, 3 orang Sarjana Keperawatan dan 1 orang sarjana elektro medis. 

Kunjungan 40 orang Pasis Dikmapa PK Kesehatan tersebut diterima oleh Kasubditkes Puspenerbal Letkol Laut (K) Joko Haryono, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh rombongan atas kunjungannya ke Puspenerbal dalam rangka pengenalan matra laut kepada seluruh siswa Dikmapa PK Kesehatan Angkatan XXVIII Tahun 2021. 
 
“Puspenerbal dipimpin oleh seorang Komandan berpangkat Laksamana Muda. Puspenerbal selaku Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) Mabesal, merupakan pusat pembinaan terhadap satuan-satuan Penerbangan TNI Angkatan Laut di bidang personel maupun kesiapan unsur-unsur udara. bukan hanya sebagai satuan tempur, namun juga berpartisipasi berbagai tugas operasi yang dilakukan Korps Marinir serta menyediakan fasilitas angkutan taktis logistik dan personil bagi sistem pangkalan laut dan udara. Ujar Kasubditkes pada saat mengenalkan sejarah Puspenerbal. 

“Lanjutnya, dalam melaksanakan tugas tersebut, Puspenerbal mengemban fungsi penerbangan yang meliputi: Pengintaian Udara Taktis, Anti Kapal Atas Permukaan Air, Anti Kapal Selam, Pendaratan Pasukan Pendarat (Pasrat) Lintas Helikopter, dukungan Logistik Cepat dan Pengamatan Laut, serta penyelenggaraan fungsi pembinaan materiil Penerbangan Angkatan Laut. 

Dalam kunjungan tersebut, para siswa menerima paparan dari Karumkital dr. Soekantyo Jahja Lanudal Juanda Kapten Laut (K) dr. Avi Dian Prasetia Nurwidda, Sp.PD., tentang tugas serta fungsi Puspenerbal secara umum. 

Kegiatan paparan selesai, selanjutnya seluruh siswa diajak untuk mengunjungi beberapa satuan kerja yang ada di Puspenerbal mengenai peran dan fungsi satuan kerja tersebut dalam mendukung tugas pokok Puspenerbal.

Para siswa Dikmapa PK ini sebelumnya melaksanakan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan selama lima bulan di Akmil Magelang yang mampu mengubah pribadi yang berasal dari masyarakat umum menjadi perwira TNI Angkatan Laut, memiliki sikap mental dan kepribadian, pengetahuan dan keterampilan serta kesamaptaan jasmani sebagai seorang perwira yang andal dan cakap.


Anda pembaca ke 125 dari 125