MASIH DITEMUKAN KAPAL COAST GUARD CINA MELINTAS DI ZEE INDONESIA TANPA MENYALAKAN TRANSPONDER_____
Natuna
Diposkan oleh renbang 30 Januari 2020 pukul 10:12:17PM
Update terakhir 05/02/2020, 05:38:12PM

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Helmi

Tanggal 29 Januari 2020, 4 kapal pemerintah Vietnam masih terdeteksi berjajar, memagari sepanjang batas landas kontinen Indonesia-Vietnam sementara satu buah kapal Coast Guard Cina masih ditemukan berkeliaran di ZEE Indonesia. Data tersebut diperoleh dari patroli udara rutin yang dilaksanakan oleh pesawat CN235 MPA TNI Angkatan Laut.
 
Seluruh kapal pemerintah Vietnam tersebut menyalakan transponder sehingga terdeteksi oleh perangkat penerima AIS (Automatic Identification System) milik instansi-instansi pengawas maritim di Indonesia termasuk oleh pesawat dengan call sign P-8304 milik TNI Angkatan Laut  yang sedang berpatroli ini. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menunjukkan bahwa mereka bersungguh-sungguh dalam menjaga sumber daya mereka.

Namun berbeda halnya dengan kapal Coast Guard Cina, kapal ini tidak menyalakan transponder sehingga tidak terpantau manuvernya oleh perangkat AIS receiver manapun. Namun kapal ini terdeteksi oleh radar surveillance canggih milik pesawat P-8304 dari jarak 120 NM (sekitar 222 km) berupa titik yang bergerak cepat. Setelah diobservasi selama beberapa menit, May Febriyanto selaku Captain pilot memutuskan untuk melaksanakan identifikasi visual. Kontak permukaan laut tersebut teridentifikasi sebagai kapal Coast Guard China dengan nomor lambung CCG-5305. 
 
 

Kegiatan melintas di perairan ZEE Indonesia sebenarnya bukan merupakan pelanggaran, namun kehadiran kapal Coast Guard Cina keberadaannya sering bertujuan untuk mengawal kapal-kapal ikan Cina. Kapal-kapal ikan inilah yang kerap kali ditemukan melaksanakan pelanggaran dengan beroperasi menangkap ikan dan sumber daya laut lainnya di ZEE Indonesia. Dengan adanya Kapal Coast Guard Cina di perairan ZEE, apalagi dengan transponder yang tidak menyala, maka TNI Angkatan Laut perlu mewaspadai intensi dari kapal tersebut, sehingga sepanjang melintas, kapal tersebut diawasi oleh pesawat patroli maritim TNI Angkatan Laut CN235 MPA dan beberapa kapal perang Indonesia.

 



Anda pembaca ke 267 dari 267