LANUDAL DAN WINGUDARA 1 TANJUNGPINANG LAKSANAKAN SHOLAT IED BERSAMA PADA IDUL FITRI 1443 H
tanjungpinang
Diposkan oleh renbang 3 Mei 2022 pukul 11:46:58AM
Update terakhir 03/05/2022, 11:46:58AM

Reporter : wing udara 1
Editor : penpus
Fotografer : wing udara 1

Pangkalan udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) dan Wingudara 1 Tanjungpinang  melaksanakan Sholat Id pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Apron dan Hanggar Satharpesud mako Lanudal Tanjungpinang, Senin (02/5/2022). Sholat Id dilaksanakan dengan tetap mengedapankan protokol kesehatan pencegahan virus covid-19.

Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai A.Md.Pi., SH., M.H menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah hari istimewa yang didalamnya terkandung dua peristiwa penting yaitu nilai spiritual dan sosial, secara spiritual Idul Fitri dapat diartikan sebagai momen kemenangan bagi umat Islam setelah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh, menahan lapar dan dahaga sepanjang hari dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang membatalkan puasa.
Selanjutnya Komandan mengatakan, sedangkan pengertian sosial, dimana sebelum melaksanakan Sholat Idul Fitri seluruh umat Islam diperintahkan untuk membayar zakat fitrah yang artinya untuk mensucikan pribadi dan hartanya, agar menjadikan kita manusia yang paripurna di mata Allah SWT, sedangkan zakat fitrah tersebut diberikan kepada yang berhak menerimanya seperti kaum fakir dan miskin

Dibagian lain, Komandan menyampaikan, dalam kehidupan bermasyarakat sangat membutuhkan pribadi yang taat terhadap nilai-nilai agama dan patuh terhadap aturan-aturan dan hukum yang berlaku, pada hari yang bahagia ini hendaknya dapat dijadikan sarana perbaikan karakter manusia yang dapat berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan Negara.

Ditempat yang sama
Komandan Wingudara 1 Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M. Tr.Hanla.,M. M.
menyampaikan melalui Puasa Ramadhan diharapkan para personel kian bertaqwa guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas ke depan secara lebih baik.” Sehingga perayaan Idul Fitri membawa dampak
 Aktualisasi Nilai-nilai Puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H  Mewujudkan TNI yang Kuat, Solid, Profesional dan Dicintai Rakyat”. Tegas Danwing 1

Sementara itu, dalam khotbahnya Bpk Ustad A.Fauzi Armandarus menyebutkan 1 Syawal merupakan hari kemenangan bagi orang-orang beriman karena pertama diampuni dosa-dosanya dan kedua dikabulkannya doa-doanya, dihari Fitrah hari yang berbahagia ini marilah kita saling memaafkan, dengan ibadah Ramadhan kita kepada Allah SWT, Insya Allah diampuni segala dosa-dosa kita, tidak hanya dosa kita kepada Allah SWT, tetapi juga kepada sesama manusia.

Ditambahkan dalam dinas, masyarakat dan keluarga apabila aktifitas umat manusia dilandasi dengan iman dan taqwa setidaknya akan memunculkan lima hal utama yaitu pertama, saling mengenal satu sama lain, kedua saling sadar satu sama lain, ketiga saling memahami satu sama lain, keempat saling memaafkan satu sama lain dan kelima saling mencintai satu sama lain.

Seusai shalat id dalam cuaca yang mendung, umat muslim Prajurit ,PNS dan warga Komplek Lanudal dan Wingudara 1 Tanjungpinang dihari yang sama melaksanakan halal bihalal di Gedung VIP  mako Lanudal Tanjungpinang yang dihadiri Komandan Lanudal  Tanjungpinang beserta Ibu Ny.Idawaty Rivai, Komandan Wingudara 1 Tanjungpinang Beserta Ibu Ny. Hardiyany Achnisundani.



Anda pembaca ke 117 dari 117