LANUDAL KUPANG GELAR LATIHAN SIAGA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM
kupang
Diposkan oleh dispenpus 1 September 2022 pukul 08:30:30AM
Update terakhir 02/09/2022, 08:30:30AM

Reporter : lanudal kupang
Editor : penpus
Fotografer : lanudal kupang

Kupang,-Seluruh personel Lanudal, Diskes Lantamal VII Kupang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota kupang, Basarnas, Tagana, serta para warga masyarakat sekitar Lanudal mengikuti latihan Siaga Penanggulangan Bencana Alam tahun 2022 yang dilaksanakan di Pangkalan Udara TNI AL Kupang. Kamis(01/09/2022). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 31 Agustus s/d 01 September 2022.

Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Nasrul Azharudin C., S.T., M.Tr.Hanla., dalam arahannya menyampaikan kegiatan latihan siaga penanggulangan bencana alam ini dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran, kesiapsiagaan, kewaspadaan, sikap tanggap menyiapkan peralatan serta menyelamatkan diri dari resiko ancaman bencana alam gempa bumi.

Dihari pertama tanggal 31 Agustus para peserta latihan  menerima materi simulasi dari BPBD kota kupang dilanjutkan Tactical Floor Game (TFG) di gedung serbaguna yang dibawakan Pasops Lanudal kupang Kapten Laut (T) Mikhael K. keraf.

Dihari kedua kegiatan di awali dengan pengumuman dari BMKG bahwa telah terjadi gempa bumi yang berpusat di kota Kupang. Dengan adanya sirene tanda bahaya, tim siaga bencana saling berkoordinasi dibawah kendali BPBD kota kupang dan dengan segera tim reaksi cepat siaga bencana mengumpulkan semua warga di titik kumpul yang berada di Apron Lanudal. Pendataan korban, penyaluran logistik dan pengamanan lingkungan terdampak bencana segera dapat di laksanakan oleh para prajurit lanudal yang bekerjasama dengan badan penanggulangan bencana serta semua pihak terkait dalam penanggulangan bencana alam.

Simulasi ini berakhir dengan adanya informasi BMKG bahwa potensi gempa bumi telah menurun maka Bupati Kupang selaku pimpinan daerah memutuskan masa tanggap darurat bencana alam dinyatakan selesai.
Kegiatan siaga penanggulangan bencana alam ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam kutipan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.



Anda pembaca ke 470 dari 469