LAKSANAKAN VISUAL INSPECTION SRIKANDI LAUT SIAP MENGUDARA DENGAN PESAWAT TAMPICO
Skuadron_200
Diposkan oleh renbang 26 November 2019 pukul 06:07:49PM
Update terakhir 26/11/2019, 06:29:35PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Wing2

Pada hari Selasa, 26 November 2019 siswa Dikpabang XXIV akan melaksanakan   latihan praktek terbang tahap latih mula  di Bandara Juanda dengan menggunakan pesawat Tampico TB-9. Pesawat Tampio TB-9 merupakan pesawat terbang latih produksi Socata, Perancis yang saat ini dioperasikan oleh Skuadron 200 Wing Udara 2 Puspenerbal.

Dalam setiap tahunnya Sekolah Penerbangan TNI-AL tidak hanya merekrut siswa pria untuk dididik menjadi seorang pilot yang handal dan profesional, melainkan juga siswa wanita. Karena wanitapun juga bisa melakukan hal yang sama untuk menjadi pilot yang handal dan professional dengan minat dan tingkat kemampuan serta semangat dan usaha yang keras, tentunya setelah melalui seleksi yang ketat dan melaksanakan ground school.

Sebelum melaksanakan penerbangan, seorang siswa harus memiliki persiapan yang matang,  kesiapan pesawat dan serta rencana penerbangan (flight plan). Dalam hal kesiapan pesawat agar lebih dapat memastikan kondisi teknis maka dilakukan visual inspection dari pesawat yang telah disiapkan oleh crew. Seperti yang dilakukan oleh siswa srikandi laut penerbangan kita Letda Laut (P/W) Nova Sulistyoningsih dan instruktur Lettu Laut (P) Aditya M. Widjaksono sebelum melaksanakan penerbangan. 
 

 
Visual inspection atau preflight inspection yang meliputi antara lain: Cabin, L.H. Wing trailing edge, L.H. Wing, L.H. Wing leading edge, L.H. Main landing gear, Forward fuselage, Nose landing gear, R.H. Main landing gear, R.H. Wing leading edge, R.H. Wing, R.H. Wing trailing edge, R.H. Rear fuselage, Stabilizers, L.H. Rear fuselage. Dalam penerbangan kali ini pesawat yang digunakan adalah pesawat Tampico TB-9 dengan call sign T-2301. Visual inspection yang dilakukan harus benar-benar dilaksanakan dengan teliti untuk memastikan bahwa pesawat siap diterbangkan dan memastikan keselamatan penerbangan dari keberangkatan hingga sampai ditempat tujuan. Dengan demikian, sehingga siswa dan instruktur siap mengudara dan pesawat diterbangkan dengan keadaan aman.


Anda pembaca ke 223 dari 223