KOMANDAN PUSPENERBAL PIMPIN UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-114
sidoarjo
Diposkan oleh renbang 21 Mei 2022 pukul 07:02:51AM
Update terakhir 21/05/2022, 07:02:51AM

Reporter : penpus
Editor : penpus
Fotografer : penpus

Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei diperingati oleh prajurti dan PNS Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut. Puspenerbal memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 dengan upacara bendera di Hanggar Lanudal Juanda Kecamatan Sedati Sidoarjo. Jum’at (20/5/2022).

Komandan Puspenerbal Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan selaku inspektur upacara memimpin jalannya upacara Kebangkitan Nasional tahun ini. Sedangkan Letkol Laut (T) Sunarto dipercaya menjadi Komandan Upacara.

Komandan Puspenerbal Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 ini Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran,dan kebudayaan.

“Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina–Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen.

“Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional indonesia. Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022”. terang Komandan Puspenerbal menyampaikan amanat Menkominfo.

Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!



Anda pembaca ke 51 dari 51