KOMANDAN PUSPENERBAL MERESMIKAN MONUMEN MEMORIAL HELIKOPTER BO-105 BOLKOW NV-406
Bojonegoro
Diposkan oleh renbang 31 Maret 2021 pukul 03:11:06PM
Update terakhir 31/03/2021, 03:11:06PM

Reporter : PenPus
Editor : Maysolikin
Fotografer : PenPus

Bojonegoro - Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin S.H., M.Han, meresmikan Monumen Memorial Helikopter BO-105 Bolkow NV-406, di Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Monumen Memorial Helikopter BO-105 Bolkow NV-406 untuk mengenang jasa para Prajurit Rajawali Laut yang telah gugur dalam menjaga dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sejarah Helikopter BO-105 Bolkow NV-406, pada hari Senin 21 Agustus 2000 pukul 14.27 WIB, usai melaksanakan tugas Negara dalam mendukung kegiatan pengamanan Sidang Tahunan MPR Tahun 2000 di Jakarta, dan saat melakukan penerbangan (ferry flight) dari Semarang menuju pangkalan di Surabaya, helikopter tersebut gagal melaksanakan pendaratan darurat (crash landing) di Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Sebanyak 4 orang prajurit Rajawali Laut terbaik gugur dalam musibah tersebut.

Keempat Prajurit Rajawali Laut yang gugur yaitu, Captain Pilot Lettu Laut Anumerta Daniel Ferry S, Copilot Lettu Laut Anumerta Asep Bambang N, Flight Engineer Sertu Anumerta Priyanto, Mekanik Sertu Anumerta Dwi Puryanto, dan seorang warga sipil turut gugur dalam kejadian tersebut, yaitu Saudari Ika K, yang merupakan adik dari Copilot.

Komandan Puspenerbal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak H. Sutiyo, selaku pemilik lahan sawah yang sebagian lahannya dipergunakan untuk pembangunan monumen tersebut

Dalam acara tersebut Komandan Puspenerbal menyerahkan penghargaan kepada Bapak H. Sutiyo selaku pemilik lahan sawah, tempat dibangunnya monument tersebut.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ir Puspenerbal, Para Direktur Puspenerbal, Komandan Wing Udara 1, Komandan Kolat Penerbal, Bupati Bojonegoro, Forkopimda Bojonegoro serta tamu undangan.



Anda pembaca ke 64 dari 64