KOMANDAN LANUDAL MATAK BERBAGI DAGING KURBAN UNTUK WARGA SEKITAR
Matak
Diposkan oleh renbang 20 Juli 2021 pukul 09:15:50PM
Update terakhir 20/07/2021, 09:15:50PM

Reporter : Pen_Lan Matak
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Lan Matak

Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut  (Lanudal) Matak, melaksanakan pemotongan hewan qurban pada Idul Adha 1442 H/2021 M, Selasa (20/7/2021).

Pemotongan hewan qurban tahun ini dilaksanakan di halaman Mushala Al Jabar Kompleks Rumdis Lanudal Matak Jl. Raya Payamaram, Kute Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 ketat dan berkoordinasi erat dengan Satgas Covid-19 Kecamatan Kute Siantan. Acara pemotongan dan pendistribusian daging qurban dipimpin langsung oleh Komandan Lanudal Matak, Mayor Laut (P) Agus Bakhrudin.

Dalam merayakan hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban tahun ini tetap dilaksanakan dengan sederhana, karena pada hakekatnya bukanlah kemeriahannya yang diutamakan namun yang lebih penting adalah hikmah yang dapat diambil dari perayaan Idul Qurban itu sendiri yakni agar seluruh umat Islam, khususnya Prajurit Lanudal Matak dapat meneladani semangat dan keikhlasan dalam menjalankan printah Allah SWT serta pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. "Kita semua hafal kisah keteladanan para Nabiyullah tersebut, tapi seharusnya kita dapat merapkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam kedinasan maupun kehidupan sosial di masyarakat" demikian pesan dan penekanan Mayor Abakh, sapaan akrab Danlanudal Matak pada Prajuritnya dan masyarakat yang hadir sebelum pemotongan hewan qurban dimulai.

Karena Idul Adha tahun ini di Indonesia masih dalam suasana Pandemi Covid-19 dan masih diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) maka dipesankan kepada Panitia maupun masyarakat yang ikut hadir untuk tetap disiplin menerapkan Prokes Covid-19 selama kegiatan berlangsung.  Hal ini sejalan dengan arahan Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kepada seluruh Jajaran TNI Angkatan Laut. "Di wilayah kerja Lanudal Matak merupakan wilayah yang cukup rendah kasus positif Covid-19 nya, namun jangan lengah, tetap Jaga Prokes Covid-19, tetap disiplin dalam pelaksanaan *5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas)*" lanjut Danlanudal Matak  memberikan penekanan saat penyerahan dan pemotongan hewan Qurban kepada Panitia Qurban/Idul Adha 1442 H/2021 M Lanudal Matak.

Tahun ini Lanudal Matak melaksanakan pemotongan satu ekor sapi, dengan pemotongan hewan qurban kali ini diharapkan dapat membantu meringankan beban warga masyarakat di sekitar wilayah kerja Lanudal Matak, terutama warga terdampak langsung secara ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Pada saat pelaksanaan pembagian daging qurban, tidak dilaksanakan melalui cara pengambilan daging qurban ke tempat panitia akan tetapi panitia qurbanlah yang mendatangi rumah-rumah warga untuk menyerahkan daging qurban tersebut. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Lanudal Matak untuk mengingatkan warga agar turut aktif mendukung program pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, tidak bosan-bosannya panitia menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker. Mengingatkan juga bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin Covid-19, agar segera melaksanakan vaksin karena vaksin itu selain halal dan aman juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama dalam menangkal tertularnya virus Covid-19, memberikan pemahaman kepada warga yang masih terpengaruh oleh berita-berita hoax tentang vaksin dan Covid-19 yang ada  akhir-akhir ini.

Kegiatan perayaan idul adha dan pelaksanaan qurban di Lanudal Matak dapat berjalan dengan aman dan lancar.



Anda pembaca ke 157 dari 157