KOLAT PENERBAL MELAKSANAKAN PENILAIAN UJI TERAMPIL GLAGASPUR PANGKALAN TINGKAT II (P2) LANUDAL JUANDA TA 2020
Juanda
Diposkan oleh renbang 4 Oktober 2020 pukul 08:53:39PM
Update terakhir 04/10/2020, 08:53:39PM

Reporter : Pen_Kolat_Penerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Ery

Juanda - Uji terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan merupakan kegiatan uji yang dilakukan Kolat Penerbal kepada Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) di jajaran Puspenerbal. Tujuannya adalah untuk mencapai keseragaman pola tindak dan kesatuan pengertian dalam menyiapkan  Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) dengan sumber daya yang ada guna mendukung kesiapan operasional pesud.
 
Adapun sasaran pelaksanaan Uji terampil Glagaspur pangkalan adalah Terwujudnya pembinaan bidang latihan terhadap personel. Baik perorangan maupun kelompok guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit sebagai pengawak komponen SSAT, meningkatkan pemantapan Kodal, prosedur & pemantapan penguasaan teknis & taktis yang tepat agar tercapai peningkatan kesiapan operasional dan tempur yang dipersyaratkan dalam rangka mendukung pelaksanaan Tupok Puspenerbal. 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada tanggal 23 s.d. 24 September 2020 di Lanudal Juanda. Adapun tim penguji yang terlibat terdiri dari tujuh personel dipimpin oleh Letkol Laut (P) Wahjoedi Djoko S., Wadan Kolat Penerbal serta dibantu oleh staf penilai yaitu Kapten Feri Melala; Pjs. Kasiops Kolat Penerbal selaku Wakatim; Kapten Laut (T) Suwarto, Kasubsi Diklat, Kapten Laut (E) Abd. Rohkim, Kasubsi Sertifikasi Kolat Penerbal selaku Staf Penilai dan dibantu oleh 2 orang anggota yaitu Sertu Keu Heri Yulianto dan Sertu Kom Eko P.P.
 

Materi yang diujikan dalam penilaian tersebut antara lain : Driil Kecakapan Bahari (Tali temali dan Peluit), Komunikasi (Isyarat Morse dan Semaphore), Perawatan Personel (Pemulasaran Jenazah Covid-19), SAR, Menembak, Bongkar Pasang Senjata, Dukungan Operasi Pesawat Udara dan Peran Tempur (Bahaya Umum, bahaya Udara, Kebakaran dan Sabotase).
 

Antusiasme personel dalam mengikuti penilaian sangat tinggi. Merekapun tampak semangat dan serius dalam bergiat, di tengah teriknya matahari yang menyengat. Mereka juga tak segan bertanya dan berdiskusi dalam setiap evaluasi yang disampaikan oleh Tim Penilai Kolat Penerbal.
 
 
Bagi tim Penilai Kolat Penerbal, menilai bukanlah pekerjaan mudah. Para tim yang ditugaskan dalam penilaian tersebut, tidak hanya mampu menilai, mereka dituntut juga harus mampu mengevaluasi dan memberikan contoh yang benar sesuai dengan buku petunjuk yang masih relefan. Karena referensi utama tim Penilai Kolat Penerbal bukan berdasarkan kebiasaan, namun sesuai buku petunjuk dan SOP. Sebagai contoh yaitu Buku Induk Tempur (BIT) yang dimiliki oleh Lanudal Juanda yang dijadikan dasar penilaian driil peran tempur.
 

Dalam pelaksanaan penilaian, pelaku maupun tim penilai tetap menjalani protokol Covid-19.
 


Anda pembaca ke 51 dari 51