KOLAT PENERBAL MELAKSANAKAN KURSUS TAMTAMA REMAJA PENERBANGAN TNI AL
Juanda
Diposkan oleh renbang 2 Mei 2021 pukul 08:41:58PM
Update terakhir 02/05/2021, 08:41:58PM

Reporter : Pen_Kolat Penerbal
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Kolat Penerbal

Kolat Penerbal merupakan Satker Jajaran Puspenerbal yang mempunyai tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan latihan dan pelatihan sebagai wujud pembinaan personel guna membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, berwawasan, serta profesional untuk mendukung tugas pokok TNI AL di bidang penerbangan dalam menjalankan penugasan, baik OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

Penyelenggaraan Kursus Tamtama Remaja di lingkungan Puspenerbal merupakan salah satu pembinaan personel yang dilaksanakan Kolat Penerbal dalam membentuk personel Tamtama lulusan Dikma (Pendidikan Pertama) dengan memperkenalkan sistem kerja dan tradisi TNI AL khususnya di bidang Penerbangan. Dengan dilaksanakannya kursus tersebut, diharapkan akan menjadikan personel tamtama lebih siap dan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di satuan kerjanya masing-masing.

Pelaksanaan kursus tamtama remaja dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 16 Februari s.d. 23 Maret 2021 dan Gelombang II dilaksanakan pada tanggal 23 Maret s.d. 27 April 2021. Lama masing – masing kursus adalah satu bulan. Selama pelaksanaan kursus,  para personel tamtama remaja, mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dasar TNI AL, diantaranya Pengetahuan P5T, Hukum Disiplin Militer dan Pengetahuan bidang penerbangan yaitu Pengetahuan Sejarah dan Tradisi Penerbangan TNI AL, Pengetahuan Prosedur Pemeliharaan dan Perbaikan Pesud dan mendapatkan kegiatan ekstrakurikuler berupa Bela Diri Militer (BDM). Kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan salah satu wahana bagi personel tamtama remaja untuk mengasah diri di bidang bela diri, karena pada dasarnya seorang militer harus mampu bela diri dalam peperangan di saat serangan senjata sudah tidak memungkinkan atau dalam kondisi darurat. Hal ini juga diimbangi dengan kegiatan Binsik (Pembinaan fisik) rutin secara bertingkat dan berlanjut agar kondisi mereka tetap prima di tengah wabah pandemi Covid-19. Harapannya, agar bekal dasar yang sudah diterima di Kolat Penerbal, mampu mereka gunakan sebagai dasar dalam kedinasan. Selain materi kelas, mereka juga mendapatkan materi praktek/Lattek (Latihan dan Praktek) mengenai prosedur dan pemeliharaan Pesud, yang bertempat di Fasharkan Pesud Juanda.

Pembinaan para tamtama remaja (Taja) ini, dilakukan oleh personel Kolat Penerbal yang bertindak selaku Binsis (Pembina Siswa) dengan seorang perwira sebagai Pabinsis (Perwira Pembina Siswa) yang bertugas mengawasi jalannya pembinaan tersebut. Sehingga pembinaan yang dilaksanakan selama kursus terarah dan terukur. Tujuannya tidak lain adalah untuk membentuk mental dan fisik para tamtama remaja ini, agar menjadi seorang tamtama yang profesional setelah memasuki kedinasan.

Selain hal tersebut di atas, tidak kalah penting, mereka tetap menjaga kesehatan diri di tengah wabah Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan tindakan preventif dengan cara menjaga imun tubuh dengan rutin berolah raga dan berjemur, istirahat teratur serta mengikuti rapid test yang dilaksanakan oleh Puspenerbal, dalam hal ini Rumkital dr. Soekantyo Jahja, Lanudal Juanda.

Pelaksanaan Kursus Tamtama Remaja Gelombang 2 secara resmi ditutup oleh Komandan Puspenerbal, Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han pada hari Selasa tanggal 27 April 2021 bertempat di Gedung NACS, Wing Udara 2. Dalam amanatnya, beliau menekankan kepada para peserta kursus, untuk selalu mengisi diri dengan belajar dan belajar. Karena tantangan ke depan semakin kompleks, dengan hadirnya alutsista baru Penerbangan TNI AL. Oleh karenanya, profesionalitas personel sangat diperlukan dalam melaksanakan misi penugasan TNI AL.



Anda pembaca ke 320 dari 320