KEKUATAN KSATRIA PENGAWAL SAMUDERA MENGGETARKAN LAWAN
Surabaya
Diposkan oleh renbang 6 Desember 2021 pukul 01:49:02PM
Update terakhir 06/12/2021, 01:49:02PM

Reporter : Penpus
Editor : Penpus
Fotografer : Penpus

Sidoarjo Puspenerbal, (06/12) 


Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenebral) Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han., beserta Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Puspenebal Ny. Wenny Edwin, menghadiri upacara Hari Ulang Tahun Armada Republik Indonesia ke-76 Tahun 2021, di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Senin (06/12). 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan peringatan ini merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan armada RI. 

HUT Armada kali ini mengambil tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju”. Hal ini hendaknya menjadi momentum yang sangat tepat bagi segenap jajaran TNI Angkatan Laut untuk merefleksikan diri, melakukan instropeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas yang telah dilaksanakan.  

Kasal juga menyampaikan “sebagai ksatria pengawal samudera, Armada RI harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulat dan mengganggu kepentingan Negara di laut. 

Pada kesempatan itu, Kasal menyematkan tanda kehormatan tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan 24 tahun, 16 tahun, dan 8 tahun bagi para prajurit yang telah memberikan pengabdian terbaiknya kepada TNI Angkatan Laut, TNI, Bangsa dan Negara. 

Peringatan Hari Armada RI Tahun 2021 ini diisi dengan Demo Gabungan Pasukan Khusus TNI Polri yang terdiri dari : Satkopaska, Taifib, Denjaka, Satgultor Kopassus, Tontaipur Kostrad, Denbravo Paskhas, dan Gegana Brimob, melaksanakan Full Mission Profile dan Fun Jump.

Sedangkan untuk pasukan upacara melibatkan sebanyak 1020 personil yang terdiri dari : Korps Musik, Kompi Gabungan Pama, Kompi Taruna AAL, Kompi Gabungan Kowal, Kompi Gabungan Pomal, 2 Kompi Bintara KRI Koarmada RI, 2 Kompi Tamtama KRI Koarmada RI, Kompi Satuan Marinir, Kompi Satuan Udara, Kompi Gabungan Passus Koarmada RI dan Kompi PNS.

Upacara Hari Armada RI Tahun 2017 ini turut dihadiri oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, para mantan Panglima Armada RI dan sesepuh TNI Angkatan Laut, Para pejabat utama Mabes TNI Angkatan Laut, Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut,Para Panglima Koarmada, Pejabat sipil dan militer  pimpinan daerah Jawa Timur.
 


Anda pembaca ke 86 dari 86