KEGIATAN PENYEGARAN CRM (CREW RESOURCE MANAGEMENT) RESMI DITUTUP
Juanda
Diposkan oleh renbang 19 September 2019 pukul 09:42:20PM
Update terakhir 19/09/2019, 09:50:35PM

Reporter : Dwi_Kolat
Editor : MaySolik
Fotografer : Dwi_Kolat

Kegiatan penyegaran CRM (Crew Resource Management) merupakan program kerja Mabesal yang dilaksanakan oleh Kolat Penerbal. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk me-refresh kembali pengetahuan personel awak pesud mengenai tata cara mengatur agar terjalin komunikasi dan kerjasama tim (team work) yang baik antar crew pesud saat melaksanakan penerbangan sehingga budaya safety bisa terjaga untuk meminimalkan terjadinya accident dalam penugasan. Untuk pembicara yang terlibat dalam kegiatan ini, pelaksana menghadirkan empat orang narasumber dari instansi luar terkait, yaitu Cpt. Muhammad Hariri, Direktur Operasional PT. Lion Air; Cpt. Parno, Pilot maskapai Wings Air; R. Dian Subismo, S.E., S.St., M.M., Manager Operasi PT AirNav Bandara Juanda; dan Raharjo Tejo, S.H., ATC Supervisor Bandara Juanda. 
 
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, dimulai pada tanggal 17 s.d. 19 September 2019 di Wisma Perwira Lanudal Juanda yang diikuti oleh 150 personel perwira penerbangan Juanda. 
 
Acara berakhir pada hari Kamis tanggal 19 September 2019, ditutup oleh Wadan Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Sisyani Jaffa. Tampak hadir dalam briefing penutupan tersebut, Kafasharkan Pesud, Kolonel Laut (T) Bambang Yunianto, S.E.; Dirpers Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Batos Leksono; Dirrenbang Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie; Komandan Wing Udara 2, Kolonel Laut (P) Catur Sigit Sumarsono; Komandan Lanudal Juanda diwakili oleh Palaksa, Letkol Laut (P) Achmad Zaenuri; dan Komandan Senerbal, Letkol Laut (P) Panji Pratikto.
 
Dalam kesempatan itu dibacakan amanat Asops Kasal, Laksamana Muda Didik Setiyono, S. E., M.M. oleh Wadan Puspenerbal. Dalam amanatnya beliau menekankan agar peserta memahami betul materi yang telah disampaikan oleh instruktur serta mengaplikasikannya dalam pengoperasian alutsista  dan tentang pentingnya membudayakan keselamatan dalam melaksanakan tugas operasi agar meminimalkan accident yang berdampak buruk bagi personel dan alutsista. Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada Capt. Parno dan Bapak R. Dian Subismo, S.E., S.St., M.M. dan diakhiri ramah tamah.
 


Anda pembaca ke 295 dari 295