KASAL, PENDAYAGUNAAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI WUJUDKAN INDONESIA NEGARA PERADABAN MARITIM DUNIA
Surabaya
Diposkan oleh renbang 14 Januari 2022 pukul 10:12:27AM
Update terakhir 14/01/2022, 10:12:27AM

Reporter : Penpus
Editor : Penpus
Fotografer : Penpus

Sidoarjo Puspenerbal, (13/01)
 
Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin, didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Wenny Edwin menghadiri Wisuda Pascasarjana (S2) Angkatan VII, Sarjana (S1) Angkatan XL dan Diploma (DIII) Angkatan XIV Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Kamis (13/01/2022), bertempat di Graha Samudera Bumimoro Kodiklatal Surabaya.  

Sebanyak 113 Perwira dan Bintara lulusan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), di Wisuda Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono. Adapun Perwira dan Bintara yang diwisuda terdiri dari 20 Perwira menempuh Program Magister S2 Analisis Sistem dan Riset Operasi (ASRO) Angkatan VII,  56 Perwira menempuh Program Sarjana S1 Angkatan XL  dan 37 Bintara menempuh Program Diploma 3  Angkatan XIV.  

Pada wisuda kali ini dinyatakan sebagai mahasiswa berprestasi dan menerima penghargaan Vidya Adiguna, Letkol Laut (T) Andry Koeswoyo Prodi S2 ASRO meraih IPK (3,69), Kapten Laut (E) Estu Setia Widodo dari Prodi Teknik Elektro dengan IPK (3,65), dan Sertu Sba Widhi Nugroho dari Prodi Hidro Oseanografi dengan IPK 3,69.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di STTAL secara tepat waktu.  Keberhasilan tersebut perlu diapresiasi dan disyukuri sebagai bentuk prestasi yang telah dicapai setelah melalui suatu perjuangan yang cukup lama, dan membutuhkan kegigihan, ketekunan, keuletan, kecerdasan, kesamaptaan yang prima, dan kepribadian yang baik, terangnya.

Laksamana Yudo juga mengingatkan bahwa bangsa Indonesia telah memiliki cita-cita yang besar di bidang kemaritiman yaitu pada tahun 2045 dapat mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Peradaban Maritim Terbesar di Dunia”. Cita-cita besar tersebut bisa dicapai melalui penguasaan, pemanfaatan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi  secara tepat, sehingga Indonesia dapat menjadi  kuat dan makmur berbasis kemaritiman, ungkap Kasal.
Komandan STTAL, Laksma TNI Dr Ir Avando Bastari, menambahkan bahwa lulusan STTAL siap ditempatkan di satuan-satuan strategis yang membutuhkan pemikiran dan keahlian dibidang teknologi pertahanan. Sampai saat ini alumni STTAL telah  berjumlah sebanyak 2056  yang tersebar di satuan-satuan strategis TNI,  bahkan sudah banyak diantara mereka yang telah menduduki jabatan bintang satu sampai dengan bintang tiga, bahkan menjadi tokoh-tokoh penting yang ahli di bidang teknologi pertahanan baik di kancah nasional maupun internasional.  

Diakhir acara wisuda, Kasal beserta pejabat teras Mabesal, didampingi Komandan STTAL, diikuti para undangan wisuda, meninjau stand pameran untuk menyaksikan produk penelitian dosen dan mahasiswa,  seperti Drone Dua Media yang bisa terbang di udara dan dapat menyelam di air, Hybrid Drone dengan Solar Cell untuk pengintaian dan banyak lagi produk penelitian yang dipamerkan.



Anda pembaca ke 66 dari 66