KOMANDAN WING UDARA 1 HADIRI SOSIALISASI AREA LEGO JANGKAR DI KEPULAUAN RIAU
Tanjung_Pinang
Diposkan oleh renbang 6 Desember 2019 pukul 03:37:58PM

Reporter : Pen_Wing1
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Wing1

Jumat(6/12/2019), Bertempat di Sky Ballroom lantai 12 Nagoya Hill Hotel Batam Kepulauan Riau, Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, M.Tr. Hanla., M.M., menghadiri Sosialisasi Area Lego Jangkar di Kepulauan Riau Guna Pencegahan Pelanggaran Hukum dan Pencemaran Minyak di Laut yang diselenggarakan oleh Staf Operasi TNI AL, dengan pembicara Kol Laut (P) Agus Surya Darmawan, (Kasubdisops Disopslatal Mabesal, Kol Laut (P) Oke Dwiyana, Kol Laut (KH) Priyambodo, S.H (Kasubdiskumlater Diskumal) dan Mayor Laut (KH) Iman R Harahap, S.H., M.H. (Pabanda Gakkumla Ban II Sopsal).

Adapun yang melatarbelakangi diadakannya sosialisasi tersebut karena begitu padatnya lalu lintas pelayaran di Selat Singapura yang memerlukan area lego jangkar serta banyaknya kapal lego jangkar di Perairan Tanjung Berakit dan Bintan Utara yang merupakan pelanggaran hukum begitu juga dengan adanya pencemaran akibat tumpahan minyak secara ilegal (Oil Spill) di Provinsi Kepulauan Riau yang terjadi setiap tahunnya. 

Indikasi pelanggaran yang terjadi karena banyaknya kapal-kapal yang membuang limbah minyak pada saat berlayar maupun saat lego jangkar di perairan sebelah Utara Pulau Batam dan Pulau Bintan. Polusi dari tumpahan minyak di laut merupakan sumber pencemaran laut yang selalu menjadi fokus perhatian dari masyarakat luas, karena akibatnya akan sangat cepat dirasakan oleh masyarakat sekitar pantai ataupun laut serta signifikan merusak laut hidup. 

 
 
Diharapkan dengan sosialisasi area lego jangkar ini Kapal asing yang akan masuk ke pelabuhan yang dituju agar menggunakan area lego jangkar yang ditetapkan dengan memanfaatkan jasa-jasa kepelabuhan termasuk tank cleaning dari perusahaan resmi serta diperlukan adanya sinergitas  Pemerintah Pusat, Pemda, Pelaku Usaha dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaannya guna pentaatan aturan hukum serta pencegahan pencemaran minyak di laut. 

Hadir sekaligus membuka kegiatan Waasops Kasal Laksma TNI Irvansyah, S.H., Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T(Danguskamla Armada I), Kol Laut (P) Dr Imam Teguh Santoso, S.T., M.SI. (Wadan Lant IV), Binda Kepri Kol Laut (E) Yanuar Adi Legowo, Kol Laut (P) Deni Prasetyo, Kol Laut (P) Horas W. Sinaga, Komandan Satuan TNI AL beserta staf, Pejabat Instansi/Lembaga Pemerintahan, Pelaku Industri Jasa Maritim, Pelaku Industri Shipyard/Docking serta Pengelola Limbah B3 yang berada di wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya.


Anda pembaca ke 442 dari 442