EFISIENSI WAKTU PELAKSANAAN PERBAIKAN HOIST HELI BELL-412 MERUPAKAN TOLAK UKUR PROFESIONALITAS PERSONEL
Juanda
Diposkan oleh renbang 18 November 2019 pukul 08:50:20PM
Update terakhir 18/11/2019, 08:55:33PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Senin, 18 November 2019. Skuadron 400 Wing Udara 2 melaksanakan kegiatan pemeliharan komponen Pesud, optional equipment pada hoist, yaitu proses pergantian kabel hoist Heli Bell-412 HU-4207. Hoist adalah salah satu komponen pendukung penugasan helikopter Skuadron 400.

Fungsi hoist yaitu untuk menaik-turunkan personel maupun barang di tempat di mana Heli tidak bisa mendarat sehingga Heli harus dalam  keadaan hover, salah satu fungsinya yaitu untuk evakuasi medis. Hoist bisa selalu melekat pada helikopter atau dipasang bila akan digunakan, untuk kegiatan stand by hoist harus sudah terpasang sehingga sewaktu-waktu dapat dioperasionalkan.
 
Penting untuk memastikan Hoist selalu dalam keadaan serviciable yaitu dengan pengecekan sebelum pelaksanaan suatu kegiatan, dengan mengecek system' elektrik juga fisik dari pada cable sling, sehingga alat ini dapat digunakan maksimal dan aman.
 
Pemasangan Cable hoist kali ini dilaksanakan bersama personel PT. Asana Dhana (masih dalam tahap awal atau observasi).
 
Penting melaksanakan observasi sebelum melaksanakan pergantian supaya apa yang dibutuhkan untuk pergantian kabel Hoist sudah tersedia pada saat pelaksanaanya, sehingga akan mengefisienkan waktu pengerjaan. 
 
Selain keamanan dan kesalamatan saat bekerja, efisiensi waktu juga menjadi salah satu tolak ukur melihat profesional personel dalam melaksanakan suatu pekerjaan perbaikan Pesud. 
 
Prajurit skuadron 400 harus memiliki kecepatan dan ketepatan dalam bertindak sehingga semua permasalahan yang ada pada pesawat dapat teratasi dengan cepat dan tepat. Hal inilah yang dibutuhkan untuk menjaga kesiapan Heli untuk mendukung setiap penugasan.
 


Anda pembaca ke 162 dari 162