DIANTARA SETIAP DUA POHON KAYU PUTIH, ADA PINTU MENUJU CARA HIDUP YANG BARU
Juanda
Diposkan oleh renbang 5 Januari 2022 pukul 03:05:20PM
Update terakhir 05/01/2022, 03:05:20PM

Reporter : Penpus
Editor : Penpus
Fotografer : Penpus

Sidoarjo Puspenerbal, (04/01)

Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenebral) Laksamana Muda TNI Edwin melakukan penanaman Pohon Kayu Putih bersama Pejabat Utama dan Prajurit Puspenerbal, Selasa (04/01/2022). Penanaman pohon tersebut dilakukan di kawasan Lapangan Kayu Putih Lanudal Juanda, Sedati Sidoarjo Jawa Timur.

Pohon Kayu Putih adalah tumbuhan pohon berbatang kecil dan cabang-cabangnya menggantung ke bawah. Nama kayu putih merujuk pada kulit batangnya yang berwarna putih dan berlapis-lapis dengan bagian permukaan mengelupas.

Tumbuhan ini merupakan sumber utama pembuatan minyak kayu putih atau sering disebut cajuput oil. Bagian daun dan ranting pohon kayu putih diekstrak minyaknya kemudian diproses lebih lanjut sehingga menghasilkan minyak kayu putih.

"Pagi hari ini kita berada di Lapangan Kayu Puith Lanudal Juanda, bersama-sama menanam banyak pohon di sini utamanya kayu putih," ujar Laksda Edwin dalam keterangannya selepas penanaman.

Komandan Puspenerbal berpesan kepada seluruh personel Puspenerbal agar memelihara pohon-pohon yang sudah ditanam tersebut supaya tumbuh dengan baik dan dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar. Selain itu, penanaman pohon ini dilakukan untuk melestarikan lingkungan sekitar.

“Terdapat banyak manfaat dari tumbuhan kayu putih ini salah satunya digunakan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan seperti masuk angin, pusing, kedinginan, hingga meredakan efek gigitan serangga. Selain bagian-bagian tumbuhan kayu putih yang memiliki banyak manfaat, tanaman kayu putih juga dapat digunakan sebagai reboisasi, peneduh jalan, menjaga lingkungan kita agar tidak banjir bahkan tanaman hias”, ujar Edwin sapaan akrabnya.



Anda pembaca ke 81 dari 81