DANWING UDARA 2 HADIRI UPACARA PEMBUKAAN DIKMABA TNI AL ANGKATAN KE 40 GEL 1 TA 2020
Juanda
Diposkan oleh renbang 26 November 2020 pukul 06:29:02AM
Update terakhir 26/11/2020, 06:29:02AM

Reporter : Pen_Wing U 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing U 2

Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Winardi, S.H., M.H. turut menghadiri upacara pembukaan program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba)  TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang I  Tahun Anggaran 2020 di Lapangan Samudera Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal Juanda Sidoarjo. Senin 23/11/2020.

Pendidikan pertama strata Bintara yang secara resmi di buka oleh Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, S.H. tersebut diikuti sebanyak 779 calon prajurit yang berasal dari berbagai kalangan status sosial seluruh Indonesia, yang sebelumnya telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan proses seleksi penerimaan serta dinyatakan lolos dalam sidang Pantukhir.

Dikmaba TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang I TA 2020 yang terdiri dari 661 prajurit pria dan  118 prajurit wanita tersebut akan dilaksanakan selama 10 sampai 12 bulan, dengan tujuan untuk membentuk prajurit siswa Dikmaba TNI AL agar memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, memiliki pengegahuan dan ketrampilan dasar keprajuritan serta memiliki kondisi fisik prima dan mental yang baik sebagai prajurit mantra laut.

Mengingat pendidikan ini merupakan awal membentuk siswa dari masyarakat sipil menjadi prajurit, pada pelaksanaanya akan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pertama pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, tahap kedua pendidikan dasar golongan selama 2 bulan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil, setelah berhasil menyelesaikan tahap tersebut para siswa akan dilantik dan diambil sumpahnya menjadi prajurit TNI AL dengan pangkat Sersan Dua sesuai korps masing-masing. 

Tidak berakhir disitu, para siswa masih harus berjuang menyelesaikan tahap ketiga yaitu pendidikan dasar golongan lanjutan di Pusdik  terkait masing-masing sesuai Korps selama 5 sampai 7 bulan, setelah dapat menyelesaikan tahapan tersebut para siswa akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, baik di KRI, pasukan operasi maupun di satuan-satuan lainya. 

Turut hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat Utama jajaran Kodiklatal dan Komandan Puspenerbal beserta jajaranya.

 



Anda pembaca ke 74 dari 74