DANPUSPENERBAL MEMBUKA KEGIATAN KURSUS RESCUE TA 2021
Juanda
Diposkan oleh renbang 12 Maret 2021 pukul 09:05:40PM
Update terakhir 14/03/2021, 09:05:40PM

Reporter : Kolatpenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Ery

Juanda (12/03/21) - Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han. secara resmi membuka kursus Rescue TA 2021 di Kolat Penerbal.
 
Komando latihan penerbangan (Kolatpenerbal) mempunyai fungsi untuk menyusun, melaksanakan rencana dan program pembinaan latihan baik itu latihan dalam jabatan maupun dalam dinas dijajaran Puspenerbal, melaksanakan pengkajian dan pengembangan prosedur teknik dan taktik penerbangan.
 
Kegiatan ini meliputi peperangan intai taktik, anti kapal selam, anti kapal atas air, pendaratan pasrat lintas heli, dukungan logistik cepat, pengamatan laut. Disamping tugas-tugas tersebut diatas Penerbangan TNI Angkatan Laut juga diibatkan dalam tugas tambahan antara lain search n rescue (SAR).

Kursus Rescue tahun anggaran 2021 yang aka dilaksanakan ini dimaksudkan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan personel penerbangan sebagai unsur udara dalam melaksanakan operasi pencarian dan penyelamatan dalam menggunakan sarana dan prasarananya secara optimal, serta melatih kemampuan individu untuk bertahan hidup dilaut dan di darat.
 

Adapun pelajaran yang ingin dikembangkan adalah penerapan prosedur-prosedur taktis dan teknis pencarian dan penyelamatan, laut dan pegunungan. 

Didalam amanatnya Danpuspenerbal menyampaiakan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang Rescuer, baik individu maupun kelompok di lingkup penerbangan, terbentuknya kader-kader berkemampuan Rescuer yang tersertifikasi serta tercapainya pemahaman tentang teknik dan prosedur penggunaan alat-alat Rescuer atau keselamatan personel. Pelatihan. Sebagai instruktur dalam pelatihan Rescuer kali ini adalah dari Badan SAR Nasional Surabaya.

Kegiatan kursus Rescuer ini turut dihadiri oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya Hariadi Purnomo S.H, Kepala Seksi Operasi I Wayam Suyatna S.H dan Kepala Seksi Sumber Daya Yusna Widianto N.M. S. Psi.


Anda pembaca ke 65 dari 65