ATUR RITME NAFAS, SASARAN TERKUNCI DAN DOR
Juanda
Diposkan oleh renbang 2 Februari 2022 pukul 04:10:31PM
Update terakhir 02/02/2022, 04:10:31PM

Reporter : Penpus
Editor : Penpus
Fotografer : Penpus

Sidoarjo Puspenerbal, (2/2)

Memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit merupakan upaya dalam pembinaan satuan dalam rangka mendukung tantangan tugas yang semakin komplek, salah satunya dengan melaksanakan menembak  dengan metode driil kering acu bidik yang dilaksanakan oleh prajurit Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) pagi ini, Rabu (2/2/2022) di Markas Komando (Mako) Puspenerbal.

Sebanyak 70 orang prajurit Mako Puspenerbal melaksanakan latihan menembak drill kering acu bidik di halaman Mako Puspenerbal usai kegiatan apel pagi.

Direktur Operasi (Dirops) Kolonel Laut (P) Catur Nur Ardiantoro mengatakan, kegiatan latihan kering menembak ini, dilaksanakan selama 30 menit usai pelaksanaan apel pagi tersebut untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak anggota.

Kegiatan menembak bukan hanya sekedar menarik picu dan mengenai saasaran, namun sesungguhnya membutuhkan proses yang teliti mulai dari membuat gambar bidik, mengatur nafas dan menentukan ritme dalam menarik picu hingga peluru tepat menuju sasaran yang di inginkan, ujar Catur sapaan akrabnya.

Latihan kering ini bertujuan untuk me-refresh kembali anggota Puspenerbal tentang materi-materi Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang meliputi taktik perorangan, taktik regu dan taktik peleton sebelum pelaksanaan latihan di medan yang sebenarnya.

Melalui metode driil kering acu bidik ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan menembak prajurit, dengan latihan rutin seperti ini teknik mengambil gambar bidik, teknik mengatur nafas dan cara menarik picu senjata prajurit akan semakin terasah, dan tentunya prajurit akan lebih mengenal karakter senjata masing-masing.

Dengan teknik tersebut yang terus berulang-ulang, dapat diyakini  prajurit Puspenerbal akan dapat dengan cepat memiliki kemampuan menembaknya hingga tingkat mahir. Selain latihan menembak para prajurit juga melatih kemampuan bongkar pasang senjata.



Anda pembaca ke 67 dari 67