APEL GABUNGAN PRAJURIT WING UDARA 1 DAN LANUDAL TANJUNGPINANG DALAM RANGKA HUT KE-65 PENERBANGAN TNI AL
Tanjungpinang
Diposkan oleh renbang 21 Juni 2021 pukul 09:03:37PM
Update terakhir 21/06/2021, 09:03:37PM

Reporter : Pen_Wing Udara 1
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 1

Dalam rangka memperingati HUT Penerbangan TNI AL ke-65 tahun 2021 Wing Udara 1 Puspenerbal dan Lanudal Tanjungpinang melaksanakan apel gabungan, bertindak selaku Pimpinan apel Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal Kolonel Laut (P) Imam Safi’i yang diwakili Wadan Wing Udara 1 Letkol Laut (P) Bambang Edy Saputro yang dilaksanakan  di Lapangan Apel Mako Wing Udara 1 Jl. Nusantara Km 12,5 Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau dengan tetap menerapkan Protokol Protokol Kesehatan. Senin (21/06/2021).

Apel Gabungan ini diisi dengan pembacaan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut  yang dibacakan oleh Wadan Wing Udara 1, dimana dalam  memperingati Sejarah dan Pengabdian  Penerbangan TNI AL selama 65 tahun tepatnya tanggal 17 Juni 1956 yang dimulai dengan pembentukan Biro Penerbangan ALRI, kemudian mengalami  beberapa kali perubahan sesuai dengan dinamika perkembangan validasi organisasi dilingkungan TNI Angkatan Laut.

Penerbangan TNI Angkatan Laut merupakan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang menjadi kepanjangan mata dan tangan dari KRI yakni dengan memanfaatkan aspek kecepatan, manuver, serta efek pendadakan yang efektif di mandala operasi. Program pembangunan kekuatan penerbangan senantiasa difokuskan pada pengembangan kekuatan pesawat udara yang terdiri dari Fixed Wing, Rotari Wing serta Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA).

Bertepatan dengan peringatan HUT ke-65 Penerbangan kali ini, juga diresmikan dua Skuadron baru yakni Skuadron Udara 100 Anti Kapal Selam dan Skuadron Udara 700
Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA). Dengan kehadiran dua Skuadron baru ini diharapkan dapat mempertajam pembangunan kekuatan Penerbangan TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung tugas operasi TNI Angkatan Laut guna mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh.
 
Dalam amanatnya,  Kepala Staf TNI Angkatan Laut  mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-65 Penerbangan TNI Angkatan Laut Tahun 2021, Bangga terhadap para Prajurit Rajawali Laut yang selalu memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk membangun dan memajukan Penerbangan TNI Angkatan Laut. Diakhir amanat KASAL juga menekankan kepada seluruh jajaran Penerbangan TNI AL untuk terus memberikan pengabdian terbaik, demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia, DHARMA JALAKACA PUTRA, JALESVEVA JAYAMAHE.



Anda pembaca ke 282 dari 282