UPAYAKAN PENGHIJAUAN, KOMANDAN LANUDAL BIAK TANAM BIBIT POHON GLODOKAN TIANG
Biak
Diposkan oleh renbang 30 Juni 2020 pukul 07:52:19PM

Reporter : Pen_LanBiak
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_LanBiak

Biak - Dalam rangka menggiatkan program Reboisasi lingkungan sekitar Lanudal, selain melakukan penanaman 100 bibit pohon buah seperti mangga, rambutan, durian dan matoa serta pembudidayaan beragam jenis anggrek khas Papua, Komandan Pangkalan Udara TNI AL ( Lanudal ) Biak, Letkol Laut (T) Moeis Syaifudin, S.T., M.M, bersama prajuritnya laksanakan penanaman 100 batang bibit pohon Glodokan Tiang, Selasa (30/06).

Tanaman dengan nama latin Polyalthia Longifolya yang biasa ditemui di pinggir jalan kota ini ditanam di sekeliling area Lanudal guna memperelok sekaligus meneduhkan lingkungan sekitar dari teriknya matahari yang dapat mencapai suhu antara 32 - 36°C dikala terik.

Danlanudal mengungkapkan, penanaman 100 bibit pohon tersebut merupakan upaya penghijauan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jayapura, Papua.

Menurut Danlanudal, selain efektif untuk memperindah lingkungan, tanaman yang dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 35 meter tersebut juga mampu mengurangi polusi udara. Itu sebabnya tanaman ini sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan kota, tutur Danlanudal.

"Dengan kondisi geologis dan cuaca yang cukup ekstrim di Biak sebagai Kota Karang Panas, semoga bibit pohon ini akan mampu hidup dan berkembang dengan baik, karena Glodokan Tiang memiliki kelebihan dapat tumbuh dengan baik tanpa dipengaruhi oleh cuaca, iklim dan seputarnya," pungkas Danlanudal Biak.


Anda pembaca ke 171 dari 171