TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN DI SEKTOR PERIKANAN, DANLANUDAL BIAK TEBAR 1000 BENIH IKAN LELE
Biak
Diposkan oleh renbang 18 Juni 2020 pukul 10:42:26PM

Reporter : Pen_LanBiak
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_LanBiak

Biak (18/06)- 1000 benih ikan lele ditebarkan oleh Komandan Lanudal Biak, Letkol Laut (T) Moeis Syaifudin, S.T., M.M sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Kegiatan budidaya perikanan tersebut dilakukan di Mako Lanudal Biak dengan memanfaatkan lahan kosong sekitar area Mako, Kamis (18/06) melalui kerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Biak Numfor.

Ditemui di kolam pembudidayaan ikan lele Mako Lanudal, Danlanudal Biak didampingi Perwira Stafnya menerima bantuan 1000 benih ikan lele jenis Sangkuriang yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Biak Numfor, Bapak Efendi Igirisa.

Dikutip dari beberapa sumber, Lele Sangkuriang merupakan jenis hasil perbaikan genetika yang berasal dari lele dumbo yang dilakukan dengan cara perkawinan silang beda generasi.
Jenis ikan lele yang diperkenalkan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi pada tahun 2004 tersebut dengan cepat menjadi primadona bagi para pembudidaya ikan air tawar.

"Untuk meningkatkan ketahanan pangan di sektor perikanan kami berupaya bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Biak Numfor," terang Danlanudal.

Dalam upayanya tersebut, Danlanudal Biak berharap penebaran 1000 benih lele ini nantinya dapat membantu ketersediaan pangan di masa pandemi Covid-19.

 
"Semoga dalam perkembangannya nanti, budidaya ikan lele ini dapat berhasil sampai akhirnya dapat dipanen dan bermanfaat," ujar Danlanudal.

Menurut Danlanudal, banyak potensi yang bisa dikembangkan di wilayah Biak pada masa pandemi ini, seperti budidaya pertanian dan peternakan yang hasilnya bisa membantu pemerintah dalam mengatasi kelangkaan pangan akibat pandemi yang mewabah saat ini.

"Untuk warga masyarakat yang memiliki lahan untuk budidaya pertanian maupun perikanan mari dibangkitkan lagi dan dikembangkan sehingga dapat produktif dan bermanfaat untuk menjaga ketahanan pangan kita di masa pandemi ini," tandasnya.

Danlanudal Biak juga menambahkan, giat peningkatan ketahanan pangan ini tidak lepas dari himbauan Komandan Puspenerbal, Laksma TNI Edwin, S.H., M.Han agar satuan Lanudal-Lanudal di daerah mendukung program pemerintah dalam menanggulangi berbagai masalah akibat pandemi Covid-19.


Anda pembaca ke 305 dari 305