PESUD CN235-200 MPA MELAKSANAKAN EVAKUASI MEDIS UDARA DARI SORONG KE SURABAYA
Juanda
Diposkan oleh renbang 19 Juli 2020 pukul 10:02:20PM

Reporter : Pen_Wing1_Juanda
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Sumar

Minggu C185 Juli 2020. Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 6 jam, tepat pukul 12.45 Wib satu unsur Pesawat Udara CN235-220 MPA Tetuko yang dimiliki Skuadron 800 Wing Udara 2 landing dengan mulus di landasan Bandara Juanda. Pesawat tersebut melaksanakan penerbangan dalam rangka misi kemanusiaan di wilayah bagian timur Indonesia. Misi tersebut adalah mengevakuasi pasien yang membutuhkan perawatan khusus di Surabaya.
 
Misi ini dipimpin oleh Kapten Laut (P) Anjun Nugroho sebagai Captain Pilot dan Lettu Laut (P) Galih Andre sebagai Copilot. “Suatu kebanggaan bagi kami dapat membantu sesama manusia yang membutuhkan pertolongan. Selama pelaksanaan misi kami juga tidak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan dalam penugasan tersebut” Ujar Kapten Laut (P) Anjun Nugroho.
 
Selama melaksanakan penerbangan, seluruh kru Pesud menggunakan APD lengkap dan interior pesawat sendiri dipasang sekat diantara kabin pesawat agar misi yang dilaksanakan dapat berjalan lancar, aman dan selamat hingga landing di Pangkalan Juanda.
 
 
 
Setelah pesawat parkir di apron Baseops Lanudal Juanda, petugas medis dari Rumkital Lanudal Juanda telah siap melaksanakan protokoler kesehatan lengkap, dengan tindakan menyemprot kru pesawat dan pasien dengan cairan disinfektan, pengecekan suhu badan dan langsung membawa pasien menuju RSPAL dengan menggunakan ambulance.
Tidak lupa juga untuk petugas medis melaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan/cabin pesawat untuk sterilisasi.
 
Pesawat Udara Angkatan Laut khususnya CN235-200 mempunyai keunggulan dalam melaksanakan misi evakuasi ini, di samping melaksanakan tugas pokok juga mampu melaksanakan tugas kemanusiaan, dengan daya jangkau yang lebih jauh dan kecepatan yang dimilikinya.


Anda pembaca ke 136 dari 136