PESERTA KURSUS PEMANTAPAN JABATAN KOMANDAN LANUDAL TA. 2019 MELAKSANAKAN KEGIATAN LOKAKARYA DI KANTOR BKIPM JUANDA SURABAYA
Juanda
Diposkan oleh renbang 21 Agustus 2019 pukul 05:14:51PM
Update terakhir 21/08/2019, 05:25:48PM

Reporter : Wahyu Kolat
Editor : Maysolikin
Fotografer : Wahyu Kolat

Kolat Penerbal merupakan satker di bawah Puspenerbal yang mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan pelatihan serta  menyiapkan personel yang  handal dan profesional dalam mendukung dan melaksanakan tugas TNI AL di jajaran Puspenerbal.  Termasuk diantaranya yaitu mempersiapkan dan membekali personel dengan wawasan dan ilmu pengetahuan sebelum nantinya menduduki jabatan strategis. Diantaranya yaitu dengan menyelenggarakan Kursus Pemantapan Jabatan Komandan Lanudal T.A. 2019. Sebanyak sepuluh orang perwira berpangkat Lettu s.d. Mayor berpartisipasi dalam kegiatan ini. 


Pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2019, para peserta melaksanakan kegiatan lokakarya di Kantor BKIPM (Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu) Wilayah Juanda Surabaya. Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan lapangan yang harus diikuti oleh para peserta kursus agar nantinya bisa mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah mereka dapatkan di kelas.  

Setibanya di sana, mereka disambut oleh Kepala Kantor BKIPM yang diwakili oleh Bapak Djoko Darman Tani, S.Ip. selaku Kasi Tata Pelayanan Kantor BKIPM. Acara dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dengan beberapa materi yaitu Selayang Pandang Kantor BKIPM Wilayah Juanda Surabaya disampaikan oleh Bapak Djoko Darman Tani, S.Ip, materi Prosedur Pelaksanaan Penerbitan Sertifikat Kualitas Mutu Ikan disampaikan oleh drh. Indra Sukma Putra selaku Penanggung Jawab Laboratorium Elisa dan Ibu Lilik Wahyuningsih, S.Pi. selaku Penanggung Jawab Laboratorium Organoleptik. Dalam diskusi tersebut, dibahas mengenai hal – hal yang berkaitan dengan prosedur pengolahan ikan dari hasil tangkapan untuk mendapatkan sertifikat mutu sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Tentunya, hal ini juga sebagai tolak ukur kualitas perikanan Indonesia agar bisa di ekspor ke mancanegara. Selain itu, ditinjau dari sisi tugas pokok dan fungsi, kegiatan lokakarya yang dilaksanakan di Kantor BKIPM erat kaitannya dengan fungsi lanudal yaitu aktif dalam mengembangkan dan membina daerah potensi maritim bagi masyarakat sekitar pangkalan, di bidang pengolahan ikan.    

Usai kegiatan diskusi, para peserta diberi kesempatan untuk mengunjungi laboratorium karantina ikan dengan didampingi oleh drh. Indra Sukma Putra. Peserta memperoleh penjelasan mengenai prosedur pemeriksaan ikan hasil tangkapan sebelum dipasarkan hingga memperoleh sertifikat layak konsumsi. Mulai dari pengambilan sampel ikan untuk uji bakteri, jamur, dan kadar zat aditif. Hingga proses penerbitan sertifikat kualitas mutu. Tujuannya untuk mencegah menyebarnya bakteri ataupun zat berbahaya yang terkandung dalam ikan.
 
 
 
 


Anda pembaca ke 160 dari 160