PESERTA KURSUS JABATAN KOMANDAN LANUDAL LOKA KARYA DI KANTOR PT AIRNAV BANDARA JUANDA
Juanda
Diposkan oleh renbang 20 Agustus 2019 pukul 09:10:44PM
Update terakhir 20/08/2019, 09:26:36PM

Reporter : Dwi_PenKolat
Editor : MaySolik
Fotografer : Dwi_PenKolat

Kolat Penerbal merupakan satker di bawah Puspenerbal yang mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan pelatihan serta  menyiapkan personel yang  handal dan profesional dalam mendukung dan melaksanakan tugas TNI AL di jajaran Puspenerbal.  Termasuk diantaranya yaitu mempersiapkan dan membekali personel dengan wawasan dan ilmu pengetahuan sebelum nantinya menduduki jabatan strategis sebagai Komandan Lanudal dengan melaksanakan Kursus Pemantapan Jabatan Komandan Lanudal.
 
Pada hari Selasa tanggal 20 Agustus 2019, para peserta melaksanakan kegiatan lokakarya di Kantor PT AirNav Bandara Juanda. Sebanyak sepuluh orang perwira peserta kursus mngunjungi Kantor PT AirNav Bandara Juanda. Setibanya di sana, mereka disambut oleh dirut PT AirNav yang diwakili oleh Manajer Perencanaan Operasi  PT AirNav Bandara Juanda, Bapak Aji Kuspitono. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan materi Profil PT AirNav Bandara Juanda. Dalam materinya, Bapak Aji berharap agar para peserta paham betul dengan prosedur operasional PT AirNav dalam mengendalikan pesud, salah satunya yaitu dengan pembuatan notam. Hal ini sangat berkaitan erat dengan lanudal mempunyai peranan dan fungsi sebagai fasilitas labuh bagi pesud TNI AL dalam mendukung pesud TNI AL  saat melaksanakan penugasan. 
 
Usai kegiatan diskusi, para peserta diajak untuk melihat langsung proses  Aproach Control Bandara Juanda. Hal ini bertujuan agar peserta memahami betul proses control semua pesawat yang akan take off ataupun landing di Bandara Juanda dengan menggunakan radar. Dalam sesi ini peserta didampingi oleh Bapak Budhi W., selaku Operational Manager PT AirNav Bandara Juanda.
Selain Aproach Control, peserta juga diberi kesempatan untuk mengunjungi tower Bandara Juanda. Tower setinggi 12 lantai ini, merupakan tempat pemantauan dan pengendalian traffic pesawat secara visual. Di tempat ini, peserta didampingi oleh Bapak Bayu selaku Supervisor on Duty.
 
Kegiatan berlanjut di Terminal Dua Bandara Juanda dengan tujuan lokakarya  Aviation Security (AVSEC). Dalam sesi ini, peserta didampingi oleh Bapak Heri Susanto selaku Manager Terminal Bandara Juanda. Peserta diberi kesempatan untuk memasuki Airport Operational Command Centre (AOCC) dan BHS Room Bandara Juanda. Pada intinya dua ruangan tersebut memiliki kesamaan fungsi yaitu sebagai sistem pengamanan Bandara Juanda secara terpusat. Baik pengamanan terhadap penumpang ataupun barang bawaan penumpang yang akan diangkut pesawat. Sehingga, tindakan terorisme dan penyelundupan barang secara ilegal bisa dicegah.
 
 


Anda pembaca ke 173 dari 173