PERAN AKTIF LANUDAL SABANG DALAM MENDUKUNG UNSUR UDARA TNI AL
Sabang
Diposkan oleh renbang 29 Agustus 2019 pukul 05:07:23PM
Update terakhir 29/08/2019, 05:14:00PM

Reporter : Tallasa_Sabang
Editor : Maysolikin
Fotografer : Tallasa_Sabang

Lanudal Sabang sebagai unsur pelayanan terluar wilayah barat Indonesia memiliki berbagai tugas pokok, diantaranya adalah memberikan dukungan faslabuh, fasharpesud dan pangkalan bagi pesawat udara TNI AL sehingga dapat melaksanakan misi sesuai tugas sesuai yang diharapkan. Pada tanggal 27 - 29 Agustus 2019
 
Lanudal Sabang melaksanakan pelayanan terhadap unsur Pesud TNI AL Cassa Patmar P-8202 yang sedang melaksanakan penugasan Operasi Sarwaga Udhaya dibawah BKO Guskamla I. Pelaksanaan faslabuh yang dilaksanakan menggunakan fasilitas pangkalan TNI AU bandara Maimun Saleh, karena sampai dengan saat ini belum memiliki fasilitas utama berupa Appron dan Hanggar Lanudal Sabang. Terkait dengan Fasilitas utama yang belum dimiliki tersebut Komandan Lanudal menyampaikan bahwa telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk percepatan sertifikasi lahan yang akan dibangun Appron dan Hanggar, karena itulah yang menjadi pokok permasalahan yaitu status tanah yang akan dibangun belum memiliki sertifikat. Meskipun pejabat setempat mulai dari Keuchik sampai dengan Walikota telah menyetujui pembangunannya.
 
Selanjutnya sesuai fungsi pangkalan  Lanudal Sabang berupaya memberikan pelayanan optimal terhadap setiap unsur Pesud TNI AL yang melaksanakan tugas diwilayah Sabang. Fungsi pangkalan yang terdiri dari 5R tidak terlaksana semua seperti Refueling avtur  hanya bisa dilaksanakan di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh karena belum tersedianya pelayanan avtur oleh Pertamina di Sabang.  Kru P-8202 yang diawaki oleh Kpt Laut (P) Indra selaku Pilot dan Copilot Lettu Laut (P) Suryadinata beserta 4 orang kru lainnya menyampaikan terima kasih atas pelayanan Lanudal Sabang. Pelayanan yang membuat crew fresh yaitu rekreasi di sekitar Pulau Sabang, karena banyak objek wisata yang menjadi unggulan kota Sabang.
 
Selanjutnya Unsur Udara TNI AL Cassa Patmar P-8202 melanjutkan Penerbangan pada Kamis 29 Agustus 2019 untuk melaksanakan tugas Patroli rutin di wilayah barat perairan Indonesia dalam menjaga kedaulatan NKRI. Lanudal Sabang berupaya semaksimal mungkin memberikan dukungan kepada setiap unsur yang datang berlabuh di Kota Sabang Propinsi Aceh.
 
Komandan Lanudal Sabang Letkol Laut (P) Ahmad Novam H., S.H M. TR. Hanla berharap kedepan Lanudal Sabang memiliki Fasilitas Labuh sendiri berupa Appron maupun Hanggar sehingga lebih memaksimalkan pelayanan yang dapat diberikan kepada setiap Unsur Udara TNI AL yang datang di Kota Sabang. Hal senada juga disampaikan yaitu keterbatasan kemampuan gerak dari Ground Power Unit yang dimiliki oleh Lanudal Sabang perlu segera mendapatkan perbaikan dan peremajaan melihat kondisi dari Ground Power Unit tersebut sudah sulit untuk berjalan di tanjakan mengingat kondisi alam di Sabang yang berbukit-bukit.
Selamat bertugas kepada Rajawali rajawali laut, kepakkan sayapmu untuk mengamankan seluruh nusantara. Dharma Jalakaca Putra. JALESVEVA JAYAMAHE.
 
 
 


Anda pembaca ke 407 dari 407