PRAJURIT LANUDAL JUANDA MELAKSANAKAN PENINDAKAN HURU-HARA DI KAWASAN BANDARA INTERNASIONAL JUANDA
Juanda
Diposkan oleh renbang 19 November 2019 pukul 03:26:36PM

Reporter : Birawa_329
Editor : MaySolik
Fotografer : Birawa_329

Juanda, 19 November 2019. Sekitar 100 orang massa turun ke jalan melakukan aksi protes dan menyampaikan kekesalan terhadap pihak Bandara Juanda di akses perempatan semampir jalan raya Bandara Internasional Juanda pada selasa pagi, 19 November 2019. Aksi unjuk rasa sangat berpotensi dapat mengganggu keamanan dan kegiatan operasional bandara. Situasi tersebut ditanggapi dengan cepat oleh Komandan Lanudal Juanda dengan mengirimkan pasukan Tim Penindak Huru-Hara beserta tim pendukung lainnya  untuk melaksanakan penghadangan, penghalauan dan penindakan terhadap massa yang semakin agresif serta berkoordinasi dengan pihak Bandara Juanda agar bersiaga terhadap ancaman yang terjadi.
 
Kondisi di atas merupakan bagian dari skenario geladi lapangan dimana kegiatan tersebut merupakan puncak Latihan Pengamanan Lanudal Timur Tahun 2019 yang diselenggarakan mulai tanggal 11 sampai 19 November 2019. Adapun kegiatan geladi lapangan memainkan beberapa skenario latihan antara lain penindakan huru-hara, pembebasan sandera, penanggulangan aksi teror bom di perkantoran PT. Angkasa Pura I, pemadaman kebakaran dan ditutup dengan negosiasi antara perwakilan dari warga dan Lanudal Juanda yang berakhir dengan massa membubarkan diri dengan damai. Pelaksanaan geladi lapangan tersebut ditinjau langsung oleh Komandan Puspenerbal didampingi oleh Wadanpuspenerbal, Danlanudal Juanda dan Dirops Puspenerbal.
 
Adapun maksud dan tujuan penyelenggaraan latihan ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kesiapsiagaan seluruh pasukan Tim Penindak Huru-Hara Lanudal Juanda dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan keamanan yang dapat terjadi sewaktu-waktu di kawasan obyek vital Bandara Juanda. Selain itu juga pada kesempatan latihan ini, Lanudal Juanda ingin menunjukan eksistensi kepada masyarakat sekitar bahwa keberadaan Lanudal sangat berperan penting dalam menjaga situasi serta kondisi yang kondusif dan aman di wilayah kerja Lanudal Juanda.
 
 
 
 


Anda pembaca ke 274 dari 274