PEMBERDAYAAN BUDAYA MELAYU OLEH JALASENASTRI CABANG 5 KORCAB I PGM LANUDAL TANJUNGPINANG
Tanjungpinang
Diposkan oleh renbang 27 Agustus 2019 pukul 05:55:07PM
Update terakhir 27/08/2019, 05:58:58PM

Reporter : Parno
Editor : Maysolikin
Fotografer : Parno

Dalam upaya turut serta memberdayakan budaya tradisional khas Melayu, Jalasenastri Cabang 5 Korcab I PGM (Puspenerbal Gabungan Mabesal) Lanudal Tanjungpinang, berlatih Tari Persembahan dan Tari Zapin Penyengat di Gedung Olah Raga (GOR) Lanudal Tanjungpinang, Selasa (27/08).


Disela-sela kegiatan latihan, Ibu Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab I PGM Lanudal Tanjungpinang Ny. dr. Hardiyany Mutiar Dani Achnisundani, mengatakan, "Tari Persembahan merupakan salah satu tarian tradisional khas melayu yang umumnya dipentaskan untuk menyambut dan dipersembahkan untuk menghormati tamu agung yang datang".

Lebih lanjut disampaikan, "Tari Zapin Penyengat merupakan tarian yang awal berdirinya berfungsi sebagai Pentabalan (Pemilihan Sultan Penyengat yang baru) dan hari-hari besar Islam", tetapi seiring berjalannya waktu dan pola pikir masyarakat Pulau Penyengat yang maju, maka tari Zapin Penyengat berfungsi juga untuk acara-acara di pesta pernikahan dan hiburan seni budaya, lanjut Ibu Dani.

Ibu Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab I PGM Lanudal Tanjungpinang, Ny. dr. Hardiyany Mutiar Dani Achnisundani, berharap, "Kegiatan latihan tari Persembahan dan tari Zapin Penyengat ini dapat dilakukan secara rutin dan berkesinambungan oleh Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 5 Korcab I Puspenerbal, guna mendapatkan hasil yang maksimal, dan tentunya sebagai bentuk nyata atas peran serta Jalasenastri Cabang 5 Korcab I Puspenerbal Gabungan Mabesal dalam memberdayakan budaya tradisional Melayu," tutup Ibu Ketua.

Sementara itu, Danlanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.Tr. Hanla, dari tempat penugasan dan mendapat laporan, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan latihan tari Persembahan dan tari Zapin Penyengat.
 
 
 


Anda pembaca ke 302 dari 302