PANGKALAN UDARA TNI AL MATAK BESERTA LANAL TAREMPA MEMPERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA
Matak
Diposkan oleh renbang 15 Januari 2020 pukul 09:45:45PM
Update terakhir 15/01/2020, 09:50:32PM

Reporter : Pen_LanMatak
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Syahbeni

Pangakalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal Matak) memperingati Hari Dharma Samudera untuk mengenang Pertempuran Laut Arufuru pada 15 Januari 1962, dengan melaksanakan upacara gabungan Lanudal Matak dan Lanal Tarempa bertempat di Lapangan Upacara Mako Lanal Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (15/1/2020).

Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Lanudal Matak, Mayor Laut (T) Arief Gunawan, dengan Komandan Upacara Lettu Laut (T) Makmun Purnomo,   Pasminlog Lanal Tarempa. Peserta upacara gabungan  Bintara, Tamtama dan PNS  Lanal Tarempa dengan Lanudal Matak.

Komandan Lanudal Matak selaku Inspektur Upacara membacakan amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.  Dalam amanatnya Kasal mengatakan hakikat dari peringatan Hari Dharma Samudera adalah pewarisan nilai-nilai kejuangan yang wajib diwarisi seluruh prajurit TNI AL agar terus terjaga semangat dan jiwa tempurnya dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti yang dilakukan   Komodor Yos Sudarso dan seluruh ABK RI Macan Tutul dalam peristiwa pertempuran Laut Arafuru yang kita peringati ini. Peristiwa yang telah tercatat dalam sejarah sebagai pertempuran penuh Heroisme dan juga mengandung "The Art of Battle" yang membanggakan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia.

Lebih lanjut Kasal mengingatkan di era revolusi industri 4.0 sekarang ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh era globalisasi, tantangan kita sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan semakin kompleks.

Ditegaskan pula Prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas. Dalam proses itu jangan sampai melupakan jati diri seorang prajurit yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut .

Mengakhiri amanatnya Kasal memberikan penekanan antara lain “Teladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah kemudian pupuk jiwa patriotisme dan jati diri prajurit matra laut serta tingkatkan pengetahuan, latihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat akan teknologi”.

Hadir dalam upacara tersebut para Perwira Staf Lanudal Matak dan Lanal Tarempa.
 
 


Anda pembaca ke 262 dari 262