PANGKALAN UDARA TNI AL MANADO MELAKSANAKAN KEGIATAN KETAHANAN PANGAN
Manado
Diposkan oleh renbang 14 April 2020 pukul 11:32:58AM

Reporter : Pen_LanManado
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_LanManado

Manado (14/04), Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Manado melaksanakan Kegiatan Ketahanan Pangan di Mako Lanudal Manado. Acara yang di gagas oleh Komandan Lanudal Manado, Letkol Laut (P) Sahid Hamdani, S.H.
 
Kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana dgn dihadiri oleh Kadis Pertanian & Peternakan Prov. Sulut Bpk. Novly Wowiling, S.P., Kadis Pertanian & Peternakan Kab. Minut Bpk. Ir. Wangke Karundeng S.P. dan Kabid Tanaman Pangan Distanak Kab. Minut Ibu Joes Tombata, S.P., serta seluruh prajurit Lanudal Manado.

Dalam kesempatan ini Danlanudal Manado menyampaikan bahwa Kegiatan Ketahanan Pangan dilaksanakan sesuai dengan instruksi Pimpinan TNI/TNI AL guna mengantisipasi kelangkaan pangan akibat dari adanya Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi, selain itu juga untuk membantu mewujudkan program pemerintah daerah untuk mewujudkan kemandirian pangan di Provinsi Sulut.

 
Adapun jenis tanaman pokok yg ditanam pada kegiatan ini adalah Jagung (luas lahan 1 Ha), Ubi jalar & Ubi kayu (luas lahan 0,5 Ha) serta penebaran benih ikan Mujair sebanyak 2000 ekor di Kolam ikan Lanudal Manado, yang sebelumnya sudah terisi dengan ikan Patin (luas 2 kolam 0,5 Ha). Selain itu juga dilaksanakan kegiatan tambahan penyerahan bantuan bibit Jagung Hibrida dari Kadis Tanak Prov. Sulut & Kadis Tanak Kab. Minut kepada Danlanudal Manado, serta kegiatan Panen buah Semangka dari hasil kebun Lanudal Manado. 

Dalam kegiatan Ketahanan Pangan ini, Danlanudal Manado memanfaatkan area kosong di dalam dan diluar sekitar Lanudal Manado sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Dengan harapan kedepan dapat bermanfaat bagi seluruh prajurit khususnya dan juga bagi masyarakat di sekitarnya.
 

Dalam sambutannya, Kadis Tanak Prov. Sulut dan Kab. Minut sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanudal Manado ini. Hal ini sejalan dengan program pemerintah daerah dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan, terlebih lagi dalam situasi yang sedang terjadi saat ini. Beliau juga berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dalam bidang pertanian.


Anda pembaca ke 138 dari 138