NILAI STRATEGIS LANUDAL TANJUNGPINANG SEBAGAI BAGIAN SSAT DI WILAYAH KEPRI
Tanjungpinang
Diposkan oleh renbang 9 Oktober 2019 pukul 08:33:52PM
Update terakhir 09/10/2019, 08:53:20PM

Reporter : Parno_Lan TPI
Editor : Maysolikin
Fotografer : Parno_Lan TPI

Wilayah pertahanan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal IV) yang cakupannya meliputi Laut Natuna dan berbatasan langsung dengan Laut China Selatan, perlu perhatian dan atensi khusus mengingat di perairan internasional ini sering terjadi saling klaim penguasaan wilayah oleh negara-negara asing.


Sehingga sektor pertahanan laut dengan saling terintegrasinya kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari empat unsur utama, yaitu kapal perang, Korps Marinir, pangkalan TNI AL, dan pesawat udara dengan didukung sistem logistik dan komando pengendalian memiliki peran penting dalam menjaga keamanan wilayah Kepri.

Untuk itulah Danlantamal IV Laksma TNI Arsyad Abdullah S.E, M.A.P., dengan didampingi Istri Ny. Ifa Arsyad Abdullah selaku Ibu Ketua Jalasenastri Korcab IV DJAB beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke satuan kerja jajarannya yaitu Lanal Ranai dan Lanal Tarempa dengan menggunakan Pesawat Udara (Pesud) TNI AL U-6211.

Kegiatan kunker tersebut dalam rangka melihat langsung kondisi Pertahanan pangkalan (Hanlan) dan kesiapan personil serta fasilitas pendukungnya dalam antisipasi dampak gangguan kedaulatan wilayah laut Natuna sebagai bagian dari yurisdiksi laut nasional Indonesia.

Hal tersebut, ungkap Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla. dari tempat tugas, "Lanudal Tanjungpinang sebagai bagian dari komponen SSAT pertahanan laut wilayah Kepulauan Riau terus selalu berupaya secara optimal menjadi ujung tombak dalam mendukung keberhasilan tugas-tugas satuan operasional unsur-unsur pesawat udara (Pesud) TNI AL baik dimasa sekarang maupun darurat".

Sehingga, sebut Danlanudal Tanjungpinang dari tempat penugasan, "Lanudal Tanjungpinang memiliki nilai strategis dengan berbagai peran pentingnya dalam menunjang terlaksananya kegiatan operasional pesawat udara TNI AL dan menyelenggarakan dukungan pelayanan lainnya, sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya".

Sebagaimana saat ini, lanjutnya, Selasa (08/10/2019) pagi melaksanakan dukungan pelayanan terhadap Danlantamal IV bersama rombongan yang transit di ruang VIP Lanudal Tanjungpinang dalam kegiatan kunkernya. Hal ini tentu memerlukan kesiapan sarana prasarana yang dimiliki pangkalan beserta pengawaknya untuk memberikan pelayanan yang optimal.

Dalam kesempatan melaksanakan kegiatan dukungan VIP tersebut, kata Letkol Dani di sela-sela tugas luarnya, "Seluruh perwira staf dan anggota, secara bersama-sama dengan Ibu-ibu pengurus Jalasenastri Cabang 5 Korcab I Puspenerbal, saling bersinergi untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan kunker Danlantamal IV bersama rombongan di Lanudal Tanjungpinang, tegasnya.
 
 


Anda pembaca ke 305 dari 305