MAJELIS TAKLIM MASJID AL-BAARI KOMPLEK LANUDAL TANJUNGPINANG PELATIHAN MERAWAT JENAZAH
Tanjungpinang
Diposkan oleh renbang 13 November 2019 pukul 07:21:18PM
Update terakhir 13/11/2019, 07:50:46PM

Reporter : Pen_Lan TPI
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Lan TPI

Kewajiban sebagai seorang muslim kepada sesama umat Islam yang telah meninggal dunia adalah merawat jenazahnya. Cara merawat jenazah sesuai dengan ajaran yang di syariatkan Islam diantaranya memandikan dan mengkafaninya.

Adapun hukum merawat jenazah Fardhu Kifayah yang artinya sesuatu yang wajib dilakukan, namun apabila ada sebagian orang melakukan maka gugurlah kewajiban muslim yang lain, tetapi jika sama sekali tidak ada yang merawatnya semua akan mendapat dosa.

Berangkat dari dasar itulah, Ny. dr. Hardiyany Achnisundani selaku Ketua Majelis Taklim, sekaligus Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab I Puspenerbal Gabungan Mabesal, menjalankan pengajian rutin majelis taklim dengan mendatangkan Ibu Warni dan satu orang pendamping yang sudah berpengalaman, untuk memberikan pelatihan perawatan jenazah memandikan dan mengkafani, dengan diikuti oleh Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 4 dan 5 Korcab I Puspenerbal yang tergabung dalam Majelis Taklim Masjid Al-Baari Komplek Lanudal Tanjungpinang Jalan Nusantara Km. 12,5 Kota Tanjungpinang, Rabu (13/11).

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Hardiyany Achnisundani sebagai Ketua Majelis Taklim Masjid Al-Baari mengatakan, "Bahwa dengan dilakukannya pelatihan memandikan dan mengkafani jenazah ini bertujuan agar nantinya setiap Ibu-ibu Jalasenastri Wing Udara 1 Tpi dan Lanudal Tanjungpinang yang tergabung dalam Majelis Taklim Masjid Al-Baari memiliki kemampuan untuk merawat dan mengurus jenazah".

Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan, maka pengetahuan seperti, memandikan jenazah harus dalam kondisi lurus dan menggunakan air yang tidak terlalu panas maupun dingin, memandikan dengan mengutamakan keluarga terlebih dahulu, mengkafani apabila laki-laki menggunakan kain rangkap tiga, dan untuk perempuan rangkap lima, dapat dimengerti dan dipahami oleh para Ibu-ibu Majelis Taklim Masjid Al-Baari untuk diterapkan di lingkungan tempat tinggalnya, pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Lanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla. selaku Pembina Majelis Taklim Masjid Al-Baari Komplek Lanudal Tanjungpinang, sangat mengapresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Jalasenastri Cabang 4 dan 5 Korcab I Puspenerbal Gabungan Mabesal yang tergabung dalam Majelis Taklim Masjid Al-Baari Lanudal Tanjungpinang.

Lebih lanjut diungkapkan, "Mengurus jenazah dibutuhkan pengetahuan yang memadai sesuai dengan tuntunan agama Islam, disamping itu juga keberanian. Sehingga pelatihan yang dilaksanakan Ibu-ibu Majelis Taklim Masjid Al-Baari Lanudal Tanjungpinang dapat memberikan bekal dan munculnya regenerasi bagi pengurus jenazah", ungkapnya.

 



Anda pembaca ke 291 dari 291