LANUDAL KUPANG MENGADAKAN LATIHAN PENANGGULANGAN DAN EVAKUASI PASIEN COVID-19
Kupang
Diposkan oleh renbang 13 Mei 2020 pukul 01:07:28PM

Reporter : Pen_LanKupang
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Cristian

Kupang (13/05) - Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Kupang melaksanakan latihan penanggulangan dan evakuasi medis pasien Covid-19.  Latihan penanggulangan dan evakuasi Pasien Covid-19 ini berlangsung selama 2 hari.
 
Kegiatan latihan dibuka oleh Danlanudal Kupang Letkol Laut (E) Jonhar Harahap. Materi latihan ini diawali tentang maksud dan tujuan latihan evakuasi medis susp Covid-19 yang disampaikan Kadiskes Lantamal VII Kupang Letkol Laut (K) M. Haris Bennu, A.M.Ft., S.K.M., M.Kes dan Materi tentang Covid, tata cara penggunaan APD serta materi tata cara evakuasi  yang diisi oleh para instruktur Diskes Lantamal VII Kupang  yang terdiri Lettu Laut (K) M Galih Amd.Kep, Sertu Apm Brian dan Perwira Rumkital Samuel J Moeda Kupang Lettu Laut (K/W) dr. Yunandia. 
 
Kegiatan puncak latihan ini adalah praktek evakuasi medis pasien Covid 19 dengan Skenario  Helikopter Nbell-412 HA 5184 TNI AD yang mendarat dan parkir di Apron Lanudal Kupang. Seluruh  crew helikopter diukur suhu tubuh masing-masing crew dengan menggunakan peralatan thermo gun dan disodorkan hand sanitizer untuk cuci tangan  oleh tim skrining satgas Covid-19 BP Lanudal Kupang, dari hasil skrining diduga salah satu crew  mengalami gejala yang mirip dengan infeksi Virus Covid-19 yaitu suhu tubuh melebihi suhu tubuh kondisi normal  38,7 derajat Celcius dan kondisi tubuh demam serta  batuk.
 
Hasil skrining ini dilaporkan kepada Ka Polum Bp Lanudal Kupang Letda Laut (K) dr. Christian Sinisuka,  Ka Polum BP memerintahkan Tim siaga Satgas Covid-19 Lanudal Kupang untuk mengevakuasi pasien yang teridentifikasi terpapar virus tersebut dari Helikopter ke Rumkital Samuel J Moeda dengan menggunakan ambulance untuk menjalani rangkaian test dan perawatan medis oleh Tim Penanggulangan Covid 19 Rumkital Samuel J Moeda. Selama proses evakuasi Tim Siaga Satgas Covid 19 Lanudal Kupang menggunakan peralatan pelindung diri  (APD) lengkap untuk melindungi diri dari wabah Covid 19.
 
 
Pada saat penutupan latihan Komandan Lanudal Kupang memberikan pengarahan kepada peserta latihan, setelah mendapatkan materi tentang pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) dan Evakuasi Medis pasien Covid-19  serta melaksanakan praktek lapangan, diharapkan agar sewaktu-waktu  dibutuhkan bantuannya para personel sudah siap dan mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19 yang telah ditentukan. Saat pelaksanaan praktek pun, seluruh peserta memakai APD, masker, sarung tangan serta menyemprotkan disinfektan ke Helikopter  dengan memperhatikan protokol kesehatan dari WHO seperti menjaga jarak minimal 1 - 2 meter antara satu individu dengan yang lainnya.


Anda pembaca ke 277 dari 277