LANUDAL JAKARTA MENGADAKAN LATIHAN SIMULASI PENANGANAN PASIEN YANG DIDUGA TERPAPAR VIRUS COVID-19
Jakarta
Diposkan oleh renbang 23 April 2020 pukul 10:13:00AM
Update terakhir 24/04/2020, 10:31:35AM

Reporter : Pen_LanJakarta
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Sertu_Nando

Jakarta - Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Jakarta menggelar latihan simulasi penanganan pasien yang diduga terpapar virus Covid-19, latihan tersebut dilaksanakan sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut mengingat kondisi penyebaran virus Covid-19 saat ini  sudah sangat mengkhawatirkan.. Kamis (23/04/2020). 

Kegiatan latihan ini dimaksudkan untuk menyiapkan dan melatih personel Lanudal Jakarta dalam penanganan pasien yang terpapar Covid-19 dalam hal ini Balai pengobatan Lanudal Jakarta.

Latihan tersebut sudah berjalan selama 4 hari dimulai dari hari Senin tanggal 20 April 2020 dengan penyampaian materi-materi pengenalan virus Covid-19 secara teori di Hanggar Lanudal Jakarta yang disampaikan langsung oleh KaBp Lanudal Jakarta Letda Laut (K/W) Raras Hayati sebagai instruktur, dalam teori tersebut juga disampaikan cara-cara protokoler penanganan pasien Covid-19 sesuai dengan prosedur yang sudah di tetapkan oleh WHO dan Kemenkes RI.

Komandan Lanudal Jakarta Letkol Laut (P) Sugeng Lamiyo juga ikut menyampaikan materi bagaimana prosedur pengamanan dalam penanganan pasien Covid-19 dan juga berbagai dampak yang terjadi akibat penyebaran virus Covid-19 di negara Indonesia.

Setelah para peserta mengikuti pelatihan dan pengenalan materi virus Covid-19 barulah dilaksanakan latihan dan simulasi secara praktek lapangan dengan skenario Pesawat udara yang menuju Lanudal Jakarta ternyata salah satu crew nya ada yang menderita sesak nafas dan menderita demam sesuai dengan tanda-tanda orang yang terpapar virus Covid-19.

Kegiatan latihan ini juga turut melibatkan personel kesehatan dari Rumah sakit Marinir Cilandak, crew dari Pesawat U-6208 yang sedang standby di Lanudal Jakarta, Pomal Lanudal Jakarta, PAM serta anggota Operasional Lanudal Jakarta.


Anda pembaca ke 298 dari 298