LANUDAL BIAK GELAR LATIHAN MENEMBAK PERORANGAN PERIODE 2020
Biak
Diposkan oleh renbang 12 November 2020 pukul 08:14:46AM
Update terakhir 12/11/2020, 08:14:46AM

Reporter : Pen_Lan_Biak
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Lan_Biak

Biak - Seluruh prajurit Lanudal Biak dipimpin Komandan Lanudal Biak Letkol Laut (KH) Dr. Martinus D.A.W., S.S., S.H., M.A.P laksanakan Praktik Latihan Menembak Senjata Laras Panjang SS-2 V-1 dan Laras Pendek G-2 Combat, Rabu (12/11).

Latihan yang dilaksanakan di lapangan tembak Jhon Lie Lanal Biak ini merupakan rangkaian final kegiatan periodik Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Menembak Triwulan ke IV yang sebelumnya telah dibuka oleh Danlanudal Biak pada tanggal 23 Oktober serta diisi dengan beberapa materi pembekalan, diantaranya pengenalan dan karakteristik senjata, bongkar pasang serta mengatasi gangguan pada senjata, teori sikap menembak, mencari nol benar pada visir dan pijera serta pemeliharaan senjata organik.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Komandan Wing Udara III Letkol Laut (P) Biyanto beserta staf. Latihan diawali oleh pembukaan serta sambutan Danlanudal Biak disusul dengan briefing singkat seputar penjelasan penggunaan senjata serta teori menembak pistol maupun senapan yang disampaikan oleh pelatih.

Pada tahap pelaksanaan menembak laras pendek, pelaku latihan memasuki garis tembak yang berjarak 20 meter dari target kemudian melaksanakan tembakan penyesuaian dengan 3 butir peluru. Setelah Nol Benar senjata diperoleh, penembak melanjutkan menembak slow fire dengan 10 butir peluru.
 

Selesai menembak, demi keamanan, para penembak wajib memastikan senjata benar-benar kosong dengan melakukan prosedur pengosongan senjata. Untuk jarak 100 meter menggunakan senapan SS-2 V-1 para penembak menggunakan 2 posisi sikap yakni tiarap dan duduk/berlutut menggunakan 10 butir peluru untuk masing-masing sikap setelah sebelumnya melaksanakan tembakan percobaan dengan 3 butir peluru.

Selain dalam rangka melaksanakan program kerja Puspenerbal Triwulan ke IV Tahun 2020, latihan menembak ini juga merupakan salah satu bentuk upaya pembinaan dasar prajurit untuk meningkatkan profesionalisme serta ketrampilan perorangan Prajurit Lanudal Biak dalam hal penguasaan senjata organik sehingga diharapkan kemampuan prajurit akan tetap terpelihara guna mendukung kesiapan siagaan tempur di wilayah pulau terluar.

Turut hadir dalam kegiatan menembak,  Komandan Wing Udara III, Pasminlog Wing Udara III beserta staf serta seluruh prajurit Lanudal Biak.


Anda pembaca ke 164 dari 164