KOMANDAN LANUDAL BIAK MELAKSANAKAN LATIHAN EVAKUASI MEDIS UDARA
Biak
Diposkan oleh renbang 29 Januari 2020 pukul 03:36:16PM

Reporter : Pen_LanBiak
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_LanBiak

Komandan Lanudal Biak Mayor laut (T) Moeis syaifudin S.T,M.M  melaksanakan kegiatan  latihan Glagaspur P1 dan P2 kegiatan Evakuasi Medis Udara dalam rangka  pelatihan dan kemampuan para prajurit-prajurit Lanudal Biak yang didukung pelaksanaannya dari Rumkital R.Ghandi A.T dan crew Pesud CN-235 P-8302 yang sedang melaksankan BKO armada III  Ron di Biak serta kerja sama dengan PAP I bandara Frans kaisepo Biak selama kegiatan latihan berlangsung.
 
Materi latihan tentang EMU wajib dilaksankan oleh personel Lanudal Biak sebagai pengetahuan dibidang EMU. Dalam kegiatan rangkaian ini dilaksankan evakuasi korban melalui Pesawat udara jenis Fixed wing (sayap tetap). Latihan tersebut di awali pembukaan latihan oleh Danlanudal Biak. Hadir dalam kegiatan sebagai berikut Letkol Laut (K) dr Syarif Mustika (Karumkital Lanal Biak) Mayor Laut (P) Iwan Purwanto (Capt. Pilot CN-235 P-302),Kapten Laut (P) Agus Suryadi (Pasintel Lanal Biak), Lettu Laut (P) M. Novito K. (Copilot CN-235 P-302), Letda Laut (P) A. Hafinudin I. (Operator Radar 1CN-235 P-302), Letda Laut (K) dr Ahmad Faizal Zain (Pa Rumkital dr Ghandi AT Lanal Biak) dan Seluruh Perwira Lanudal Biak.
 
Briefing terkait pelaksanaan kegiatan latihan. Pelaksanaan simulasi latihan dimulai dengan skenario latihan yaitu sebagai berikut, Telah terjadi kecelakaan kerja terhadap 1 orang personil Lanudal Biak (Patah Kaki), dilaksanakan penanganan oleh Bakes Lanudal Biak selanjutnya melaksanakan koordinasi untuk di evakuasi ke RSAL Lanal Biak untuk penanganan lebih lanjut, Tim Keslap menggunakan 1 unit Ambulance tiba di lokasi kejadian selanjutnya mengevakuasi korban menuju IGD RSAL Biak , Penanganan Korban di IGD RSAL Lanal Biak sesuai SOP, Dikarenakan kondisi korban dan alat peralatan yang tidak memadai korban disarankan untuk di evakuasi menuju RSAL Surabaya via Pesud  Dilaksanakan koordinasi oleh Tim Dokter RSAL Biak dengan Bakes Lanudal Biak serta Perwira Ops Lanudal Biak untuk pelaksanaan EMU, Pergeseran Korban dari IGD RSAL Lanal Biak menggunakan Mobil ambulance menuju ke Bandara FKO Biak.
 
 
Pesud TNI AL landing di bandara FKO Biak untuk evakuasi korban disambut oleh Tim beserta jajaran Perwira Lanudal Biak. Pemimpin Tim EMU meminta ijin mendekat Pesawat Udara dengan memberi tanda ibu jari diacungkan. Ketika ijin sudah diberikan, Tim Keslap mendekat ke Pesawat Udara dari daerah aman di Ram Door Ekor Pesawat Udara.  Setelah mendekat ke Pesawat Udara buka Ram Door Pesawat Udara dengan dibantu crew Pesawat Udara. Team EMU akan mendekat ke Pesawat Udara dari arah yang sama dengan leader team/ pemimpin team. Ikuti arahan dari crew Pesawat Udara dimana harus meletakkan tandu dan pasien juga barang barang yang, berkaitan dengan CG dibawa pesawat.  Tim EMU meningalkan Pesawat.   Tim embarkasi menempatkan diri di daerah persiapan selanjutnya melaksanakan penghormatan kepada Pesud.  Pesud take off menuju Surabaya untuk evakuasi korban.  Kegiatan latihan selesai.
 
Dalam kegiatan latihan ini dapat memberikan gambaran bahwa dengan kondisi didaerah wilayah Timur Khususnya di Biak, mampu melaksanakan kegiatan dan bertindak cepat dengan saling memberikan dukungan serta sinergitas dijajaran TNI AL wilayah Biak dan dapat meningkatkan kinerja dan semangat khususnya prajurit Lanudal Biak dalam melaksanakan tugas,ujar Danlanudal Biak.


Anda pembaca ke 323 dari 323