KOMANDAN LANUDAL BIAK HADIRI RAPAT KHUSUS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 BUPATI BIAK NUMFOR
Biak
Diposkan oleh renbang 16 Maret 2020 pukul 09:58:25AM

Reporter : Pen_LanBiak
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_LanBiak

Biak (16/03), Merebaknya wabah Virus Corona di berbagai penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia yang telah berhasil mengidentifikasi beberapa suspect yang positif terjangkit Covid-19 tersebut kian hari semakin membuat masyarakat kian resah.

Kondisi itulah yang membuat Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd merasa perlu mengadakan rapat khusus mengenai antisipasi, penanganan dan penanggulangan Virus Corona terkait dengan ditemukannya satu orang suspect Covid-19 di daerah yang dipimpinnya tersebut.

Senin (16/03), bertempat di Guest House Bupati Biak Jl. Ridge II, pukul 17:05 waktu setempat, Komandan Lanudal Biak Mayor Laut (T) Moeis Syaifudin, S.T., M.M hadir memenuhi undangan rapat khusus Bupati Biak tersebut untuk membahas penanganan Covid-19 yang telah memasuki wilayah Biak Numfor.

Dalam ceramahnya Herry Ario menyampaikan saat ini Pemda Kab. Biak telah melaksanakan pengawasan dan langkah pencegahan secara serius terhadap satu orang suspect Covid-19 tersebut dan terus melakukan pencegahan untuk memutus mata rantai berkembangnya Virus Corona di wilayah Biak.

Herry melanjutkan bahwa langkah penanganan telah dilakukan secara cepat oleh pihak medis dengan mengkarantina suspect di ruang korsinan RSUD Biak untuk diambil sample darahnya dan dilakukan uji laboratorium di Jakarta.

"Saya mohon dukungan serta partisipasi dari semua jajaran dan stake holder agar melaksanakan tindakan yang lebih serius dalam menangani masalah ini dan tidak ada pihak-pihak yang mencari keuntungan dan bermain dalam situasi yang sedang terjadi pada saat ini," tegas Herry.

Herry juga menyarankan agar mengurangi itensitas pertemuan dengan banyak orang dan tidak melaksanakan perjalanan dinas ke luar daerah. Ia juga telah mengeluarkan kebijakan dengan meliburkan sekolah mulai dari TK  sampai Perguruan Tinggi mulai hari ini sampai dengan 28 Maret 2020.

"Besok alat pemeriksaan yang telah dipesan akan datang dan akan ditempatkan di pintu keluar masuk Bandara dan Pelabuhan. KSOP dan Angkasa Pura serta institusi lainnya agar mendukung segala kebijakan Pemda agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19," jelas Herry pada akhir ceramahnya.

Rapat khusus yg berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut dihadiri oleh semua jajaran, TNI-Polri, Forkopimda Biak, BUMN/BUMD, diantaranya:
Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd (Bupati Kab. Biak Numfor), Milka Rumaropen (Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor), Ferry Betay (Asisten II Setda Kab. Biak Numfor), Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran (Komandan Lanal Biak), Kolonel Pnb Abram R.A Tumanduk (Kadisops Lanud Manuhua), Mayor Laut (T) Moeis Syaifudin, S.T., M.M (Danlanudal Biak), Mayor Inf Zulkifli (Danramil 01-1708/BN), Kompol Toni Upuya, SE. (Waka Polres/BN), Sigit J Pribadi, S.H., M.H (Kepala Kejaksaan Negri Biak Numfor), Ilman Hadiwiyatno, S.St. Pi (Kepala KKP Biak Numfor), dr. Ezra Medy Rura (Kepala Sie Pengendalian Karantina & Surveilans Epidemilogi KKP Kelas III Biak), Agus Budiharto (General Manager Bandara Frans Kaiseppo Biak), Lenita (GM Garuda Indonesia Cab. Biak).

Khusus diwilayah Biak Numfor, Bupati Biak telah mengeluarkan kebijakan dengan perlunya membawa surat keterangan dokter yang berisi hasil pemeriksaan bahwa yang bersangkutan tidak dalam keadaan sakit bagi seluruh masyarakat yang akan keluar dari Biak, begitu pula sebaliknya. Hal ini sehubungan dengan keputusannya yang menetapkan bahwa hari ini (Senin, 16/03), status Biak Numfor dinyatakan Siaga I Virus Corona.


Anda pembaca ke 252 dari 252