JAGA KETAHANAN PANGAN, WING UDARA 2 GELAR PENANAMAN PISANG CAVENDIS DAN PENABURAN BENIH IKAN
Juanda
Diposkan oleh renbang 19 Juli 2020 pukul 09:58:04PM

Reporter : Pen_Wing1_Juanda
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Minggu, 19/07/2020. Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P)  Winardi, S.H., M.H. beserta seluruh prajuritnya melaksanakan penanaman bibit pisang cavendis dan penaburan benih ikan Nila dan Gurami dalam rangka program ketahanan pangan di lahan ketahanan pangan Wing Udara 2, sebelah barat Kantor Skuadron 400.


Kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M.Han. tersebut juga dihadiri oleh Wadan Puspenerbal, Para Direktur,  Kafasharkan Pesud, Danlanudal Juanda, Dankolat Penerbal serta seluruh prajurit yang mempunyai semboyan Gegana Pusaka Samudra.

Dalam pelaksanaanya acara diawali dengan berdo'a, penanaman secara bibit pisang dan penaburan benih ikan oleh Danpuspenerbal yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dan prajurit Wing Udara 2,  dengan penanaman bibit pisang jenis Cavendis sebanyak 700 bibit dan benih ikan gurami sebanyak 1.000 ekor serta benih ikan Nila  10.000 ekor. 

Lahan seluas satu hektar ini dulunya merupakan lahan kosong yang kemudian oleh Danwing Udara 2 memerintahkan kepada jajarannya untuk kerkoordinasi dengan Lanudal Juanda dan berupaya memanfaatkan lahan tersebut sebagai lahan untuk 
ketahanan pangan di samping untuk mendukung program pemerintah dan pimpinan TNI untuk mengantisipasi masa-masa krisis pangan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, juga sebagai pembelajaran bagi prajurit Wing Udara. 

Adapun dalam penyiapan lahannya yang dilakukan oleh anggota Ronma Wing Udara 2, membutuhkan beberapa tahap mulai dari penebangan pohon, rumput liar, perataan tanah, pembuatan lubang tanam dan lubang kolam dengan alat berat hingga mendatangkan personel penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo guna mendapat masukan mengenai bibit tanaman pisang yang cocok ditanam di lahan tersebut, hingga akhirnya didapat pohon pisang yang selain perawatan lebih mudah, nilai ekonomis juga memiliki banyak kandungan gizi. 

Pada akhir acara Danpuspenerbal juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Danwing Udara 2 dan seluruh prajurit atas terselenggara kegiatan program ketahanan pangan ini, serta berpesan supaya kegiatan tersebut bukan seremonial belaka namun tanaman dan benih ikan harus selalu dirawat dan dipelihara hingga memiliki nilai manfaat bagi prajurit.


Anda pembaca ke 255 dari 255