HELIKOPTER SKUADRON 400 WING UDARA 2 AMBIL BAGIAN DALAM LATIHAN KESIAPSIAGAAN LANUDAL WILAYAH TIMUR
Juanda
Diposkan oleh renbang 16 November 2019 pukul 01:16:21PM
Update terakhir 16/11/2019, 01:24:07PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Jumat, 15 November 2019 – Sebagai seorang penerbang/pilot, khususnya dalam lingkungan militer yang pada saat ini tidak dalam kondisi perang, sangatlah lumrah kegiatan dan salah satu tugas pokok seorang prajurit adalah berlatih dan berlatih.

Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda yang berada di Surabaya atau lebih dikenal dengan Lanudal Juanda, melaksanakan latihan kesiapsiagaan di wilayah Timur, Latihan ini rutin dilaksanakan sebuah Pangkalan dalam meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan prajurit di dalamnya.

 
Latihan sebuah pangkalan tidak dapat terlaksana sendiri apabila tidak ada dukungan dari satuan lain yang berkaitab.  Dalam hal ini Skuadron 400 Wing Udara 2 yang berada di wilayah Timur dan dibawah naungan Lanuda Juanda mengambil peran dalam mendukung latihan tersebut.
 
Pada kesempatan kali ini helikopter jenis Bell-412 nomor lambung HU-4207 yang dimiliki oleh Skuadron 400 Wing Udara 2, mengambil bagian dalam melatih kesiapan satuan kesehatan Lanudal Juanda dalam melaksanakan peran Evakuasi Medis Udara.
 
Terlihat pada latihan kali ini (15/11) adanya korban yang membutuhkan evakuasi medis udara menuju Rumah Sakit Angkatan Laut/RSAL Surabaya, ditangani secara cepat sesuai prosedur menggunakan helikopter.
 
Evakuasi medis udara tersebut harus dilaksanakan apabila terdapat korban yang membutuhkan penanganan cepat dan keterbatasan peralatan pada waktu dan situasi pada saat tersebut.
 
Tidak semata-mata hanya menerbangkan korban menuju rumah sakit terdekat, dalam hal ini helikopter Skuadron 400 Wing Udara 2 melatih prajurit penerbangan dalam hal kesiapsiagaan penerbang/pilot serta crew helikopter serta meningkatkan skill dan memperdalam pengetahuan perorangan dalam prosedur pelaksanaan peran helikopter dalam melaksanakan Evakuasi Medis Udara.
 
Latihan dilaksanakan dengan berpegang pada prosedur keamanan dan dengan penuh semangat serta ketajaman insting seorang prajurit penerbangan Angkatan Laut.
 
 


Anda pembaca ke 273 dari 273