GANDENG BASARNAS, LANUDAL BIAK GELAR LATIHAN SEARCH AND RESCUE (SAR) OPSLAT 2020
Biak
Diposkan oleh renbang 30 Juli 2020 pukul 07:30:42AM
Update terakhir 30/07/2020, 07:37:14AM

Reporter : Pen_LanBiak
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_LanBiak

Biak - Guna membina kemampuan dan kesiapsiagaan personel dalam melaksanakan prosedur penyelenggaraan operasi SAR, Lanudal Biak bekerjasama dengan Basarnas menggelar latihan SAR Opslat 2020 di perairan Water Basis Lanal Biak, Rabu (29/07).

Kegiatan diawali briefing oleh Komandan Pangkalan Udara TNI AL Biak, Letkol laut (T) Moeis Syaifudin, S.T., M.M dan masing-masing koordinator latihan yang memberi penekanan terkait persiapan latihan, kerjasama serta keselamatan masing-masing peserta saat berlangsungnya latihan. Para peserta latihan juga diwajibkan mentaati Protokol Kesehatan Covid-19 yang disampaikan oleh tim Kesla Rumkital dr. Gandhi A.T Lanal Biak.

Opslat SAR bertajuk pesawat jatuh di laut yang turut mengikutsertakan personel Lanal Biak tersebut berskenariokan pesawat Saint Airlines yang mengalami engine fire (mesin terbakar) saat melaksanakan Duk Alkes Covid-19 dengan rute Surabaya - Biak yang akhirnya jatuh di perairan Biak sebelum mencapai bandara tujuan.

Selang beberapa waktu kemudian, pesud CN-235 Patmar BKO Biak yang sedang melaksanakan patroli udara perairan Biak melihat kepulan asap pada sebuah titik ordinat. Pilot segera menghubungi Satkom Lanudal Biak yang segera direspon dengan mengontak Basarnas Biak.

 
Penyelenggaraan latihan SAR yang digelar Lanudal biak ini didukung Basarnas Biak dengan mengerahkan 6 unsur pendukungnya yang terdiri dari KN SAR WIBISANA, Sea Rider, 2 Rubber Boat, Tactical Amphibious Vehicle serta Rescue Truck.

Danlanudal Biak selaku pimpinan latihan (Papelat) dalam hal ini bertindak sebagai pucuk komando teratas dalam menerima informasi laporan yang diberikan pelaksana latihan (Palaklat) memantau dan memegang komando latihan di atas anjungan KN (Kapal Negara) SAR WIBISANA.

Pada pelaksanaanya, seluruh peserta latihan beserta unsur pendukung melaksanakan pergerakan sesuai skenario menuju titik ordinat jatuhnya pesawat dengan perhitungan arus laut untuk melakukan evakuasi korban serta memberikan pertolongan pertama. Korban kemudian dibawa ke darat dan selanjutnya dievakuasi menggunakan Ambulan menuju Rumkital dr. Gandhi A.T Lanal Biak untuk mendapatkan pertolongan medis.

Kegiatan latihan SAR Opslat Lanudal Biak 2020 tersebut turut dihadiri dan disaksikan pula oleh Komandan Lanal Biak, Ka Basarnas Biak, General Manger PAP I Biak serta Kepala Airnav bandara FKO Biak yang turut onboard di atas KN SAR WIBISANA.


Anda pembaca ke 362 dari 362