DANWING UDARA 1 BESERTA PRAJURIT WING UDARA 1 IKUT DUKUNG LANUDAL TANJUNGPINANG PADA LATIHAN PENGAMANAN LANUDAL BARAT TA 2019
Tanjungpinang
Diposkan oleh renbang 8 November 2019 pukul 03:49:54PM
Update terakhir 08/11/2019, 05:06:26PM

Reporter : Pen_Wing U1 TPI
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing U1 TPI

Latihan Pengamanan Lanudal Barat TA. 2019 dilaksanakan oleh Lanudal Tanjungpinang tanggal 4 s.d. 8 November 2019 di tiga lokasi yaitu GOR Lanudal, Apron Lanudal dan  bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, dengan Tema latihan : "Puspenerbal Melaksanakan Latihan Pengamanan Lanudal Barat TA. 2019 Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AL".


Sebagai penilai, dari Kolat Penerbal : Dankolat Penerbal Kolonel Henoch Nasarius Virzawan dan Pasops Kolat Penerbal Letkol Wahyudi, dari Kolat Koarmada I : Paban Ops Mayor Provid, dari Sopsal : Letkol Eko Setyono dan Mayor Aris Tofan.

Seluruh prajurit Wing Udara 1 turut mendukung Lanudal Tanjungpinang dengan terlibat langsung sebagai peserta latihan sejak awal sampai puncak latihan, simulasi pengamanan unjuk rasa dari kelompok masyarakat, unjuk rasa diskenariokan terjadi di area parkir bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Jumat (08/11/2019)

Dalam latihan ini, diikutsertakan juga beberapa instansi, antara lain prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang, Kopaska Koarmada I, Pomal Lantamal IV Tanjungpinang, paramedis RSAL dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, Avsec Bandara RHF, PMK Bandara RHF dan juga Polsek Bandara RHF Tanjungpinang.
Skenario latihan yaitu berawal saat adanya laporan dari fihak Bandara RHF bahwa terjadi unjuk rasa di area parkir Bandara RHF dari kelompok "X" yang menuntut agar "Y" (pelaku pemukulan pada suatu keributan) tidak diijinkan ikut terbang dan segera diturunkan dari pesawat udara yang dinaikinya. 
Disaat terjadi ketegangan seperti itu dimanfaatkan oleh suatu kelompok tertentu yang diindikasikan sebagai kelompok teroris yang akan memanfaatkan situasi seperti ini dengan mengkondisikan serta membuat suasana lebih tegang dan lebih anarkis.
Setelah diadakan negosiasi, para pengunjuk rasa tetap tidak mau membubarkan diri, kemudian fihak keamanan Bandara meminta bantuan personel pengamanan, kemudian Lanudal mendatangkan tim PHH dari Lanudal Tanjungpinang, Yonmarhanlan IV dan Kopaska Koarmada 1, pada akhirnya ending dari kejadian tersebut para pengunjuk rasa berhasil dibubarkan dengan tertib tanpa ada korban yang jatuh dan orang yang diduga terorispun dapat dilumpuhkan dan ditangkap.

Latihan puncak di Bandara RHF ini dihadiri juga oleh Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, M.Tr.Hanla., M.M., Kolonel Marinir Wayan A.W (sebagai penasehat latihan), Dirops Puspenerbal, Dankolat Penerbal, Danlanudal TPI, Wadan Wing Udara 1,
Danyonmarhanlan IV, GM Bandara RHF, Ka.Avsec Bandara RHF, Ka.AirNav Bandara RHF dan Kapolsek Bandara RHF.



Anda pembaca ke 256 dari 256