CREW HELI SKUADRON 400 WING UDARA 2 YANG TERGABUNG DALAM SATGAS MARITIM TNI KONGA XXVIII-L UNIFIL TA. 2019 DILEPAS OLEH DANPENERBAL DI BASE OPS LANUDAL JUANDA
Juanda
Diposkan oleh renbang 28 November 2019 pukul 06:42:10PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Wing2

Kamis, 28 November 2019 – Satgas Maritim TNI/Maritime Task Force (MTF) Konga UNIFIL adalah satuan tugas yang dikirim oleh TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan misi perdamaian di Lebanon. MTF sendiri telah dilaksanakan rutin mulai dari tahun 2009 sampai dengan saat ini dan menjadi satu-satunya Satgas TNI dalam misi PBB yang murni diawaki oleh TNI Angkatan Laut. Puspenerbal juga turut berperan dalam Satgas MTF dengan mengirimkan 1 unsurnya yaitu Helikopter jenis AS 365 N3+ beserta 9 orang crew terdiri dari 4 Penerbang dan 5 Teknisi yang on board di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Mulai tahun 2009 sampai dengan saat ini Satgas MTF Konga UNIFIL sudah mengirimkan Personel serta Alutsista yang berbeda-beda setiap tahunnya. Penunjukan personel dan Alutsista setiap tahunnya dipilih berdasarkan kebutuhan dan hasil seleksi yang ketat. Demikian juga dengan Puspenerbal, dimana pemilihan Alutsista Helikopter beserta 9 personel pengawak dilaksanakan secara selektif untuk kemudian ditunjuk 1 Perwira Penerbang sebagai Komandan Pesawat Udara/Captain Pilot.

Saat ini telah terpilih 9 orang personel dari Puspenerbal sebagai pengawak/air crew Helikopter HR-3601 dalam Satgas MTF Konga XXVIII-L UNIFIL yang akan berangkat ke Lebanon pada akhir tahun 2019 mendatang. Adalah Kapten Laut (P) Erich Yuliontirta, yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Operasi Skuadron 400 Wing Udara 2, dipercaya sebagai Captain Pilot 1 pada Satgas MTF Konga XXVIII-L UNIFIL tersebut. 

Pada hari ini (28/11) telah dilaksanakan upacara dan tradisi pelepasan Satgas MTF yang dipimpin langsung oleh Komandan Puspenerbal, didampingi Danwing Udara 2 dan para Kasatker Jajaran Puspenerbal. Pada kesempatan kali ini pula dilaksanakan acara minum kopi dan ramah tamah sebagai salah satu rangkaian acara pelepasan Satgas serta sebagai bentuk penghargaan Pimpinan kepada para crew yang akan berangkat ke Lebanon beserta keluarganya yang akan ditinggalkan.

 
Acara minum kopi dan ramah tamah dilaksanakan di Baseops Lanudal Juanda, Surabaya, dimana acara ini menjadi sarana untuk saling mengenal lebih dekat antara Komandan Puspenerbal beserta jajarannya dengan para air crew Satgas MTF beserta keluarganya. Kegiatan tersebut selain sebagai bentuk perhatian pimpinan kepada air crew dan keluarganya, juga untuk memberikan jaminan kepada para air crew bahwa keluarga yang akan ditinggalkan masih tetap memiliki 'keluarga' yang akan selalu mendukung dan mengayomi selama mereka melaksanakan penugasan MTF untuk satu tahun ke depan. Terlihat jelas raut wajah sukacita seluruh prajurit beserta keluarga, dimana suasana kebersamaan dan kehangatan begitu terasa dalam acara tersebut.
 


Anda pembaca ke 408 dari 408