BAHU MEMBAHU MELAWAN CORONA, SELURUH PRAJURIT LANUDAL BIAK LAKUKAN STERILISASI MAKO SERTA ADAKAN PENYULUHAN
Biak
Diposkan oleh renbang 28 Maret 2020 pukul 07:24:51PM
Update terakhir 28/03/2020, 07:28:47PM

Reporter : Pen_LanBiak
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_LanBiak

Biak (29/03), Dalam rangka upaya Pencegahan, Pengendalian dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 di Provinsi Papua, Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X dalam suratnya yang bernomor: AU.301/0014/KOBU WIL.X/III/2020 telah menetapkan keputusan untuk menutup penerbangan penumpang ke wilayah Papua. Keputusan ini berlaku sejak 26 Maret s.d 09 April 2020 mendatang.

Namun demikian, masyarakat kota Biak bisa sedikit bernafas lega terkait hasil konferensi pers Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd beserta jajarannya (Kamis, 26/03) yang menyatakan bahwa sampai dengan saat ini kota Biak dinyatakan negatif Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Herry setelah ia menerima laporan hasil test laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua terhadap dua orang PDP Covid-19 yang kemudian diteruskan ke Pemda biak melalui pihak RSUD Biak.
 

Dalam hal ini, pernyataan Bupati Biak tersebut tidak mengurangi kewaspadaan Pangkalan Udara Angkatan Laut Biak terhadap wabah Corona yang dapat menyebar kapan saja. Oleh sebab itu Komandan Lanudal Biak Mayor Laut (T) Moeis Syaifudin, S.T., M.M kembali menggalang kerjasama dengan Rumkital dr. Gandhi A.T Lanal Biak untuk mensterilisasi seluruh ruangan Mako guna memastikan Mako Lanudal Biak benar-benar bersih dari virus yang telah banyak merenggut korban jiwa tersebut, Kamis (26/03).
 

"Tidak perlu terlena dengan pemberitaan sementara, tetap tingkatkan antisipasi dan kewaspadaan," tegas Danlanudal saat apel siang dan membagikan masker kepada seluruh prajuritnya.

Pukul 14:30 WIT tim Kesla Rumkital dr. Gandhi A.T mulai menelusuri seluruh ruangan dalam Mako Lanudal untuk mensterilisasinya dengan menyemprotkan desinfectan ke media yang berpotensi membawa virus karena sering tersentuh oleh tangan.

Namun sterilisasi saja tidak akan efisien tanpa peran serta seluruh prajurit yang hendaknya turut meningkatkan kesadaran pribadi akan pentingnya menjaga kebersihan tangan setiap saat untuk mendukung langkah tersebut. Untuk itu perlu adanya penyuluhan, jelas Danlanudal.

Usai pelaksanakan rutinitas olahraga, seluruh prajurit Lanudal Biak berkumpul di Rumah Kaca Anggrek Mako Lanudal untuk mengikuti penyuluhan seputar pencegahan penyebaran virus Corona yang disampaikan oleh Letda Laut (K) dr. Faisal selaku tenaga Medis Rumkital dr. Gandhi A.T Lanal Biak, Jumat (27/03).

Penyuluhan tersebut di awali dengan penjelasan tentang proses penyebaran virus Corona dan pencegahannya. Selain itu dr. Faisal juga menjelaskan materi langkah mencuci tangan dengan benar serta proses peracikan desinfectan dari bahan-bahan yang dijual bebas di pasaran sehingga tiap individu diharapkan dapat membuat cairan desinfectan secara mandiri.

"Tidak disarankan terlalu sering mencuci tangan dengan hand sanitizer karena hal itu justru akan berdampak negatif pada kulit, selain itu bakteri yang baikpun juga akan ikut mati," ungkap Faisal.

Penyuluhan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penyerahan vitamin dari pihak Rumkital ke Lanudal kemudian dilanjutkan makan siang bersama.


Anda pembaca ke 182 dari 182