SISWA DIK PENERBANG ANGKATAN XXIV MEMASUKI FASE PATTERN DALAM RANGKA MENGHADAPI TERBANG SOLO PATTERN
Skuadron_200
Diposkan oleh renbang 12 Desember 2019 pukul 03:51:34PM
Update terakhir 12/12/2019, 04:13:56PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Wing2

Rabu, 11 Desember 2019, Siswa Dik Penerbang Angkatan XXIV yang terbagi menjadi 2 kelompok setiap hari bergiat di Skuadron 200 Wing Udara 2, kelompok pertama terdiri dari 7 siswa yang memasuki fase terbang familirisasi menggunakan pesawat latih jenis Tobago TB-10 dan kelompok kedua terdiri 6 siswa saat ini memasuki fase terbang Pattern menggunakan pesawat latih jenis Tampico TB-9C dan sudah memasuki fase Pattern.
 

Fase Pattern adalah fase dimana seorang Pilot melaksanakan terbang berdasarkan aturan circuit di aerodrome bandara tersebut. Seorang Pilot harus menguasai prosedur traffic entry dan radio telephony Bandara agar tidak terjadi incident maupun accident pada saat melaksanakan penerbangan, dimana pada aerodrome bandara telah berlaku aturan-aturan tertentu sesuai dengan kepadatan dari traffic yang akan arrival maupun departure, tutur Ltt. Aditya Mulyarajasa , salah seorang Instructor pilot TB-9 Tampico.

Lebih lanjut beliau menyampaikan tujuan dari Latihan ini agar siswa Dik Penerbang mampu melaksanakan terbang dengan baik dan benar serta dapat mengatasi segala permasalahan selama terbang mulai dari sebelum take off, setelah take off sampai dengan landing , menghadapi emergency, dan pada akhir  nantinya siswa diharapkan dapat melaksanakan terbang solo pattern tanpa didampingi oleh Instruktur Penerbang dengan aman dan selamat.



Anda pembaca ke 282 dari 282