UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DIPIMPIN WADAN PUPENERBAL.
Diposkan oleh 01 Oktober 2012

Wakil Komandan (Wadan) Puspenerbal Kolonel Laut (P) Dadun Kohar. menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diadakan Puspenerbal dan jajarannya bertempat di Apron Hanggar Lanudal Juanda. Upacara diawali dengan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila., Senin, 1 Oktober 2012.

 

Gerakan 30 September 1965 yang lebih kita kenal dengan nama G30S/PKI adalah gerakan yang  hendak mengubah Pancasila sebagai Idiologi bangsa, pada waktu itu berhasil  ditumpas sehingga Pancasila sebagai Idiologi Negara sampai saat ini tetap bertahan. Keberhasilan menumpas Gerakan 30 September  1965 itulah yang setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila yang setiap tanggal 1 Oktober selalu diperingati bertujuan untuk mengingatkan pada seluruh komponen bangsa tentang catatan hitam yang pernah terjadi didalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia yaitu peristiwa Gerakan 30 September lebih dikenal dengan G30S/PKI yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan salah satu upaya yang diperlukan untuk memelihara ingatan kita sebagai bangsa Indonesia bahwa Pancasila sebagai Idiologi harus terus dipertahankan oleh seluruh rakyat Indonesia dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan memegang teguh Pancasila sebagai Idiologi dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai upaya untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia, maka bangsa ini akan menjadi sebuah bangsa yang besar. Hadir pada acara tersebut Kafasharkan Pesud, Palaksa Lanudal Juanda, para Pamen Puspenerbal dan jajarannya.

  

 



Anda pembaca ke 519 Orang