TIM JURNALISTIK PUSPENERBAL BERKUMPUL DI GEDUNG NACS
Diposkan oleh renbang 5 Juli 2018 pukul 05:44:49AM
Update terakhir 15/07/2018, 10:45:18AM

Pembekalan jurnalistik merupakan public relation yang sangat penting bagi TNI AL khususnya Puspenerbal dalam mengkomunikasikan dan mentranformasikan informasi-informasi baik di lingkungan internal maupun eksternal kepada Khalayak. Pembekalan jurnalistik juga dapat membentengi pengaruh negatif dari penggunaan media sosial oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan berita bohong (hoax). Dikhalayak banyak terjadi perang informasi media sosial yang berkembang di dunia maya maupun di media cetak dan media elektronik lainnya. 

Menyikapi gejolak dunia informasi saat ini Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H mengadakan pembekalan pelatihan jurnalistik, fotografi dan videografi untuk personil Penerangan dilingkungan Puspenerbal dan jajarannya. Adapun personil yang mengikuti pelatihan berjumlah 35 orang masing-masing dari perwakilan Satker dibawah jajaran Puspenerbal. Dan Tim Instruktur yang di pimpim oleh Bapak Eric Ireng (red. Nama sapaan) berjumlah 4 orang, mereka adalah Tim Jurnalis Profesional dan dari Komunitas Alpha Sony Corporation. 

Harapan Komandan Puspenerbal pada amanat pembukaan pelatihan Personil yang mengikutinya dapat menyerap seluruh materi-materi yang diberikan oleh instruktur sehingga dapat menghasilkan output yang bermutu dan dapat mempraktekkan di satuan masing-masing kegiatan yang memiliki nilai berita dan layak untuk dipublikasikan. Bapak Eric mengatakan "jurnalistik harus mempunyai harga jual, jadi setiap pengambilan gambar harus mengetahui momentum apa yang baik untuk diambil". 

Pembekalan jurnalistik berlangsung selama 2 hari, yang dimulai pada hari selasa 3 - 4 Juli 2018 di gedung NACS Puspenerbal. Seluruh peserta menerima pembekalan pengetahuan, baik teori maupun praktek, di bidang penulisan jurnalistik, videografi dan Fotografi sesuai perkembangan teknologi saat ini. Mereka dilatih melakukan teknik penulisan jurnalistik, pengambilan gambar, maupun penggunaan berbagai jenis peralatan kamera video, sehingga menghasilkan gambar-gambar yang bermutu, mampu mencari dan mengolah gambar atau informasi-informasi lainnya.

Setelah penutupan kegiatan latihan oleh Komandan Puspenerbal kegiatan dilanjutkan dengan praktikum yang mengambil momentum langsung di area Selter Helikopter Skuadron 400 Wing Udara 1 Puspenerbal dan seluruh peserta latihan sangat antusias mengambil gambar maupun video momentum-momentum kegiatan yang sedang berlangsung di Selter Helikopter tersebut. Mereka menyebar diarea sekitar Selter dan saling berlomba-lomba mengambil momentum yang sangat berharga untuk praktikum pelatihan yang didampingi langsung oleh Instruktur.

Kasubdit Infolahta Puspenerbal Letkol Laut Riva'i, AMD. S.H., menyampaikan ke seluruh peserta Instruktur akan menilai hasil jepretan kamera seluruh peserta dan hasil penilaian akan disampaikan ke Kasubdit Infolahta Puspenerbal. Komandan Puspenerbal berkenan memberikan reward dan hadiah kepada peserta pelatihan yang dapat menghasilkan fotografi jurnalistik terbaik. Penilaian hasil fotografi Jurnalistik para peserta meliputi dari Juara 1, Juara 2, Juara 3, Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 dan Juara Harapan 3, berikut hasil penilaian:

1. Juara 1 : Serka Yulius nugroho, Serka LPU 112561 Anggota Senerbal Juanda.

2. Juara 2 : Kls LPU Dian Pratama Putra, NRP. 11756/P Wing Udara 2 Tanjung Pinang.

3. Juara 3 : Koptu MPU Diar Sujana Nrp. 89782 Anggota Suslambang.

4. Juara Harapan 1 : sertu TTU/ W Cahyu Retno D Nrp. 117448 Anggota Ditpers Puspenerbal.

5. Juara Harapan 2 : Sertu MPU Yusuf Ramadhan NRP 118345, Anggota Lanudal Tanjung Pinang.

6. Juara Harapan 3: Kls LPU Yusuf D NRP. 117958 Anggota Wing Udara 1 Surabaya. 

(Hell)   

 

 

 

 

 

 

FOTO HASIL JEPRETAN PARA JUARA PELATIHAN JURNALISTIK PUSPENERBAL

 

  

 

 

 

 

  



Anda pembaca ke 215 dari 215