RON 400 WING UDARA I PUSPENERBAL MENGEVAKUASI PASIEN DENGAN HELIKOPTER
Diposkan oleh renbang 9 Mei 2018 pukul 04:37:34PM
Update terakhir 09/05/2018, 04:59:54PM

Korps kesehatan sangat dibutuhkan dalam mendukung tiap kegiatan yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut oleh karena itu skill tiap anggota harus di asah dan dilatih agar tetap menjadai prajurit yg professional dibidangnya. Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Ramelan (RSAL) Surabaya mengadakan pelatihan kesehatan tingkat 2 yang dilaksanakan di Apron Skuadron udara 400 Wing Udara I Puspenerbal (09/05/2018), dengan jumlah peserta 54 orang yang terdiri dari Bintara, Tamtama, PNS dan PHL dari berbagai satker Angkatan Laut wilayah timur yang terdiri dari RSAL, Lantamal V, Puspenerbal, Marinir dan Batalyon Kesehatan Gunung Sari.

Kali ini peserta dilatih menanggulangi Evakuasi Medis Udara (EMU) meliputi materi aturan keselamatan dalam kegiatan EMU, prosedur team EMU mendekat ke helicopter, safety zone, evakuasi dengan rescue net dan evakuasi dengan tandu baring bertingkat. Mereka juga dikenalkan dengan alat-alat evakuasi medis udara terdiri dari tandu apung, tandu baring, rescue net, hoist coller baju penolong dan tandu NR.

Latihan EMU di bimbing langsung oleh Lettu Laut (K) Mudi Hendro Raharjo yang sehari-hari berdinas di Rumkital dr. Soekantyo Jahja Lanudal Juanda dan Peltu LPU Aris Suprianto dari Skuadron 400 Wing Udara I Puspenerbal. Saat pembelajaran berlangsung, pandangan peserta beralih menuju helikopter Dauphin HR-3601 Skuadron 400 yang sedang terbang melakukan hoist di depan para peserta pelatihan. Mereka begitu seksama memperhatikan helikopter yang sedang melakukan hoist tersebut. Mereka pun termotivasi dan bersemangat dalam pelatihan Evakuasi Medis Udara di Apron Helikopter Skuadron 400.

Materi pembelajaran dilanjutkan dengan praktek lapangan dengan simulasi evakuasi seorang korban atau pasien menggunakan helikopter Bell HU-4207 dan helicopter SAR Bolcow HR-1521 yang dibimbing oleh staff latihan Letkol Laut (K) Heri Setiawan. Mereka (siswa) memperagakan tahap demi tahap dalam penanganan evakuasi seorang pasien menggunakan Helikopter. Mulai dari mengangkat pasien, meletakkan pasien pada tandu hingga memasukkan kedalam Helikopter (LLK).

 

 



Anda pembaca ke 144 dari 144