RAKOR RENAKU I TAHUN 2014 DI WISPA JUANDA
Diposkan oleh renbang 15 Mei 2014 pukul 12:01:00PM
Update terakhir 05/08/2014, 12:50:35PM

Pada pertengahan bulan Mei tahun ini, tepatnya tanggal 13 sampai dengan 14 Mei 2014, dilaksanakan Rakor Renaku I bertempat di Wisma Perwira (Wispa) Juanda. Rakor kali ini dipimpin dan sekaligus dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio dan dihadiri oleh Irjenal, Asrena Kasal, Aspers Kasal, para pejabat teras Mabesal, para pemimpin Kotama, para Wakil Asisten Kasal dan para pejabat pembina teknis TNI Angkatan Laut.

 
Pada sambutannya, Kasal menyampaikan: “Rakor Renaku I adalah salah satu rangkaian kegiatan perencanaan yang sangat strategis bagi pembangunan TNI Angkatan Laut ke depan sekaligus sebagai kelanjutan dari Olah Yudha Renstra TNI Angkatan Laut yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2014 di Surabaya. Pada kegiatan Olah Yudha tersebut telah disampaikan arah kebijakan perencanaan sebagai direktif pemimpin dalam melaksanakan perencanaan pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut tahun anggaran 2015.
Kegiatan Rakor Renaki I ini juga merupakan sarana untuk berkoordinasi dan sinkronisasi dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian negara/Lembaga (RKA-K/L) UO TNI Angkatan Laut tahun 2015 yang selanjutnya akan diusulkan ke Bappenas dan Kementrian Keuangan sebelum dijadikan dokumen pelaksanaan program dan anggaran TNI Angkatan Laut tahun anggaran 2015.
Rencana kerja dan anggaran merupakan dokumen awal penggunaan anggaran yang pada akhirnya dilaporkan menjadi laporan keuangan. Di sinilah pentingnya sinergitas dan keinginan bersama untuk mewujudkan Good Governance dan Clean Government.
Proses penganggaran sebagai bentuk penjabaran kebijakan dan pencapaian sasaran pembangunan di bidang pertahanan negara khususnya matra laut, belum sepenuhnya dapat terwujud dan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan alokasi anggaran yang ditetapkan pemerintah, oleh sebab itu perlu kemauan serta komitmen yang kuat dari semua pihak, sehingga terlaksana pembangunan dalam rangka memantapkan TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia “World Class navy”.
Perencanaan pembangunan TNI Angkatan Laut tahun anggaran 2015 merupakan tahun pertama dari rencana strategis TNI Angkatan Laut tahun 2015-2019 dengan arah dan kebijakan mempertajam serta memperkuat program pembanguan TNI Angkatan Laut menuju kekuatan pokok minimum (Minimum Essential Force/MEF) sebagai kelanjutan rencana strategis sebelumnya. Agar penjabaran kebijakan dan pencapaian sasaran pembangunan menjadi lebih berkualitas, efektif dan efisien, berdaya guna dan berhasil guna sehingga tugas-tugas yang diemban TNI Angkatan Laut dapat tercapai dengan optimal, maka dalam penyusunan program dan kegiatan serta pengalokasian dukungan anggarannya, kita semua dituntut untuk lebih arif dan realistis, dengan mengedapankan azas prioritas secara tepat dengan landasan pemikiran yang lebih komprehensif dan proporsional, menghilangkan ego sektoral serta melakukan berbagai kegiatan secara lebih konkrit dan terukur.
 
Di akhir sambutannya Kasal menyampaikan beberapa penekanan sebagai berikut:
Pertama, Gunakan sasaran pembangunan yang tercantum dalam renstra masing-masing Satker untuk mengajukan rencana kerja dan anggaran dalam Renaku ini.
 
Kedua, ajukan rencana kerja dan anggaran berdasarkan skala prioritas satuan.
 
Ketiga, Laksanakan proses penganggaran ini dengan seksama agar hasil Renaku I dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan program dan anggaran tahun anggaran 2015 dengan tanpa mengalami perubahan yang berarti.
 
Keempat, Berupayalah untuk selalu konsisten mulai dari perencanaan jangka panjang, menengah sampai pada pelaksanaan program setiap tahunnya.
 
Kelima, Bersiaplah untuk melaksanakan DIPA sebagai otorisasi sesuai tuntutan peraturan perundang-undangan.”
 

Acara Rakor Renaku I ini ditutup oleh Asrena Kasal pada keesokan harinya, Rabu, 14 Mei 2014 pukul 13.30 Wib.

 



Anda pembaca ke 811 Orang